Modis dengan Busana Merah Putih pada Hari Kemerdekaan

Desainer Mel Ahyar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus sering kali diisi dengan berbagai hal menarik. Salah satunya, dengan mengenakan busana sesuai dengan warna bendera merah putih.

Dear Ibu Bekerja, Ini 7 Trik Padu Padan Tampil Modis dan Awet Muda

Kendati demikian, diperlukan padu padan yang tepat agar penampilan menjadi lebih menarik. Desainer Mel Ahyar pun membagikan beberapa tips agar Anda bisa tampil modis meski berbusana dengan sentuhan warna merah putih.

Desainer yang sempat mengenyam pendidikan fesyen di Paris ini mengatakan bahwa untuk mengenakan busana bernuansa merah putih, sebaiknya hindari memilih warna bendera dalam satu tampilan. Anda bisa memilih warna yang mendominasi seperti baju dasar berwarna merah atau putih.

Antusiasme Warga Papua Peringati Hari Kemerdekaan RI ke-76

"Bila memang diharuskan untuk mengenakan busana merah putih, sebaiknya jangan ditaruh warna merah putih berbarengan. Ini akan membuat Anda seperti bendera yang dijadikan baju," ujar Mel kepada VIVA.co.id, Rabu, 16 Agustus 2017.

Dia menyarankan untuk memilih komposisi warna yang tak seimbang. Sebagai contoh, bila atasan busananya warna merah, Anda bisa memilih beberapa sentuhan putih sebagai pelengkap, seperti kalung atau scraf.

5 Resep Kuliner Merah Putih untuk Rayakan HUT RI di Rumah

Dan agar terlihat tematik namun tetap nasionalis, tidak melulu harus mengenakan atasan putih polos. Anda juga bisa memilih atasan belang-belang dominan putih untuk meramaikan acara 17-an. Setelah itu, tambahkan atribut rok dan atribut warna merah lainnya.

"Enggak harus atasan atau bawahan yang polos saja harus dikenakan saat 17-an, Anda juga bisa mengenakan atasan belang-belang,” kata Mel.

Sementara desainer yang akan melenggang di New York Fashion Week pada September mendatang, Dian Pelangi juga berbagi tips untuk tampil kece dengan sentuhan merah putih bagi hijabers. Dia menyarankan mengolaborasikan baju berwarna merah putih dengan motif-motif sederhana.

Misalnya, padu padankan baju atau celana di antara warna merah dan putih dengan hijab bermotif bunga maupun garis-garis. Alternatif lainnya, bisa dipadupadankan dengan warna netral lain seperti abu-abu, hitam, dan krem.

"Biar enggak terkesan kayak bendera (merah-putih) banget, tapi tetap dicampur warna netral lainnya. Misal merah putih, kerudungnya hitam. Merah putih, kerudungnya motif bunga-bunga merah ada coklatnya sehingga tetap harmonis," kata Dian. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya