Restoran Ini Beri Diskon 50% Bagi Penghafal Teks Proklamasi

Rawon Balungan Bu Kades
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Rumah makan Rawon Balungan Bu Kades di Jalan Jemursari 154 Surabaya, Jawa Timur, diserbu pengunjung pada Kamis, 17 Agustus 2017. Kebanyakan mereka memburu diskon 50 persen per porsi, jika hafal teks Proklamasi dan lagu Hari Kemerdekaan.

Jokowi Ungkap Rencana Upacara HUT RI Tahun 2024 di IKN Nusantara

Khusus di peringatan Hari Kemerdekaan tahun ini, Rawon Balungan Bu Kades mengusung tema kemerdekaan. Semua pegawai dan pelayan memasang pita kepala berwarna merah-putih. Tiba di pintu, pengunjung yang datang disapa pelayan.

Kain merah-putih lalu diikatkan ke lengan pengunjung. Pelayan lalu menyampaikan soal diskon 50 persen tersebut.

Lomba Virtual di Rumah Berhadiah Keren dari Ecohome

"Diskon diberikan kepada pengunjung yang hafal teks Proklamasi atau lagu Hari Merdeka," kata si pelayan kepada pengunjung.

Tentu saja tidak semua pengunjung hafal teks Proklamasi, dan lagu Hari Merdeka. "Enggak hafal," kata Dea sembari tersenyum. Tetapi dia rela membayar penuh rawon yang dicicipinya. "Rawon balungannya enak."

Satgas Kendal Jemput 4 Warga yang Positif COVID-19 Usai Pentas Dangdut

Vidya, pemilik Rawon Balungan Bu Kades mengatakan pihaknya sengaja mendiskon separuh harga untuk seporsi rawon yang dijualnya di Hari Kemerdekaan RI ini. "Tujuannya hanya satu, kami ingin ikut serta tetap menumbuhkan nasionalisme masyarakat," ujarnya.

Vidya bukanlah seorang kepala desa atau istri dari kades. Nama Bu Kades yang tersemat pada rawon balungan jualannya ialah sebutan singkat dari 'bumbu khas desa'. Sesuai namanya, bumbu rawon memang terasa kental di kuah.

Secara penampilan, rawon bikinan Vidya tidak jauh berbeda dari rawon pada umumnya. Hal yang jadi ciri khas, selain bumbunya, daging yang disajikan dalam kuah rawon. Daging Rawon Bu Kades dibiarkan melekat pada potongan tulang-tulang sapi matang. Tidak diiris-iris.

Daging yang melekat di tulang tidak merekat betul, sehingga tidak sulit bagi siapa pun untuk mengerogotinya. Dagingnya juga empuk, enak dikunyah.

Pemilik juga menyediakan rawon tanpa balungan dengan irisan daging siap disantap. "Mau balungan ada, mau rawon biasa juga ada," ujar Vidya.

Harga per porsi rawon balungan di Rawon Balungan Bu Kades, yakni Rp26 ribu. Bagi pengunjung yang ingin mengenyangkan perut dengan nasi, cukup menambah Rp2.000. Untuk rawon balungan spesial Rp38 ribu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya