Si Jenius dan Si Gila Punya Gen Sama

VIVAnews - Ilmuwan menemukan garis kesamaan antara orang sakit jiwa dengan orang jenius. Keduanya memiliki gen yang sama bernama neuregulin 1.

Seperti dikutip dari laman Daily Telegraph, peneliti dari Semmelweis University, Hungaria menemukan bahwa gen itu berperan dalam pengembangan otak. Namun, varian dari gen ini juga berhubungan erat dengan gangguan jiwa seperti depresi berat, schizophrenia dan kepribadian ganda.

Penelitian ini diduga menjadi jawaban tingkah laku sejumlah tokoh jenius yang cenderung destruktif, seperti  seniman Vincent van Gog dan Sylvia Plath.

Dalam penelitiannya, tim dari universitas itu menganalisa sejumlah orang yang menilai dirinya kreatif dan jenius. Selain tes darah, para relawan yang dijadikan obyek penelitian diberi tes berseri.

Untuk menakar tingkat kreativitas, obyek penelitian diberikan pertanyaan yang aneh dan janggal, misalnya "Andai ada tali yang menggantung di awan dan menjuntai sampai ke bumi, apa yang akan terjadi?"

Hasil penelitian dari semua tes tersebut jelas bahwa ada hubungan antara gen neuregulin 1 dan kreativitas.

"Relawan yng punya varian gen ini cenderung memiliki skor yang lebih tinggi dalam tes kreativitas dan juga memiliki penghargaan lebih banyak di bidang kreativitas," kata Kepala tim Peneliti Szabolcs Kéri.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024