Penyebab Otak Terasa Ngilu Saat Makan Es Krim

Ilustrasi es krim.
Sumber :
  • Pixabay/picjumbo_com

VIVA.co.id – Ketika memakan es krim atau hidangan dingin lainnya, seringkali muncul nyeri di otak atau yang dikenal dengan pembekuan otak. Tapi tentu banyak yang tidak tahu mengapa hal itu terjadi dan cara mengatasinya. 

Zaidul Akbar: Yang Paling Parah Minum Waktu Makan, Itu Buruknya Luar Biasa

Dilansir dari The Huffington Post, pembekuan otak, yang secara teknis disebut sphenopalatine ganglioneuralgia, adalah jenis sakit kepala seperti migrain. Jenis sakit kepala ini terasa cepat nyeri dan cepat menghilang.

Ketika mengonsumsi makanan dingin, tubuh mengubah suhu di belakang tenggorokan, di mana persendian arteri karotid interna dan arteri serebral anterior ditemukan. 

Minum Air Dingin di Cuaca Panas Bisa Bikin Batuk, Benarkah?

Arteri karotis internal memberi makan darah ke otak dan arteri serebral anterior adalah tempat jaringan otak dimulai. Pada dasarnya, itu penuh dengan pembuluh darah. Perubahan suhu menyebabkan pelebaran dan kontraksi pembuluh darah, dan inilah alasan mengapa kita merasa sakit.

Beberapa orang, seperti ilmuwan saraf Wake Forest Baptist Medical Center Dwayne Godwin, berpikir bahwa ini adalah pelebaran dan kontraksi yang cepat yang diinterpretasikan oleh otak sebagai rasa sakit. 

Manfaat Mandi Air Hangat Sebelum Tidur, Bikin Lelap Hingga Turunkan Tekanan Darah

Yang lain menyebut hal ini adalah pembekuan aliran darah secara tiba-tiba pada pembuluh darah yang menyebabkan tekanan pada tengkorak. Ini didukung oleh sebuah studi sakit kepala yang dipimpin oleh Jorge Serrador, instruktur HMS di bidang neurologi di Brigham and Women's Hospital.

Saran paling umum untuk mencegah pembekuan otak adalah berhenti mengonsumsi segala jenis es, namun banyak orang yang sulit melakukannya. Solusi yang lebih praktis adalah mendorong lidah Anda ke atap mulut untuk mencoba menaikkan suhu di mulut Anda. Atau Anda juga bisa mencoba meminum sesuatu yang hangat untuk mengimbanginya.

Ilustrasi stroke.

Mitos atau Fakta? Guyur Kepala dengan Air Dingin Saat Mandi Bisa Sebabkan Stroke?

Baru-baru ini viral di media sosial TikTok soal penjelasan bahaya mandi menggunakan air dingin bisa membahayakan kesehatan seseorang.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024