Penyedap Masakan MSG Sebabkan Kanker, Mitos atau Fakta?

Bahaya MSG bagi kesehatan
Sumber :
  • http://herusupanji.blogspot.com

VIVA.co.id – Penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) atau perasa pada makanan yang berlebihan disebut-sebut akan menyebabkan kanker. Apakah ini mitos atau fakta?

Bikin Capcay Spesial Ramadhan Yuk, Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

Prof. Dr. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI), mengatakan, hal tersebut rupanya mitos belaka. 

Pemahaman masyarakat yang rendah tentang kanker, membuat mitos ini dipercaya oleh masyarakat luas. Lama-kelamaan, mitos ini seolah menjadi kebenaran yang dipercaya oleh masyarakat luas.

Ini Fakta Seputar MSG atau Penyedap Rasa alias Mecin

Prof Aru menegaskan, MSG yang kerap ditambahkan ke dalam masakan sama sekali tidak menyebabkan kanker. Hal ini, lanjut dia, juga didukung dengan sejumlah penelitian pada tikus. Hasilnya, mitos tersebut benar tidak terbukti.

"MSG belum terbukti menyebabkan kanker, namun MSG yang terlalu banyak mampu merusak jaringan tubuh seperti pankreas dan juga mempercepat penuaan," ungkap Aru saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 23 Agustus 2017. 

Berapa Kali Batas Makan Mi Instan dalam Seminggu, Simak Ini Penjelasannya

Untuk itu, ia juga mengingatkan, meski belum terbukti menyebabkan kanker, penggunaan MSG juga mesti tetap terkontrol dan dalam jumlah yang wajar demi menjaga kesehatan. (ren)

Ilustrasi mie instan.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Mie instan adalah makanan cepat saji yang populer di seluruh dunia, termasuk di kalangan umat Muslim selama bulan Ramadan. Namun, hal ini kurang baik untuk kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024