Suara Tiba-tiba Serak Bisa Jadi Gejala Kanker Laring

Ilustrasi sakit tenggorokan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Masih banyak orang yang belum tahu mengenai kanker laring. Kanker laring adalah tumor yang tumbuh pada kotak suara (laring). Laring sendiri merupakan bagian yang memiliki fungsi penting dalam proses berbicara dan bernapas. 

Daun Sirsak dan Kulit Manggis Hanya Mitos Obat Kanker, Ini Kata Dokter

Dr. Zainal Adhim, Sp. THT-KL (K),  Ph. D. Spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher, mengatakan bahwa gejala pertama kanker laring adalah perubahan suara menjadi serak yang diikuti dengan berberapa gejala. 

"Jika Anda mengalami perubahan suara menjadi serak tanpa adanya infeksi virus seperti batuk dan pilek, diiringi dengan sakit tenggorokan, sulit atau sakit saat menelan, dan memiliki benjolan di leher, itulah tanda-tanda dari adanya kanker laring." kata Zainal di Jakarta, Rabu, 13 September 2017

7 Manfaat Minum Air Hangat Dicampur Madu, Tapi Penderita Diabetes Harus Hati-hati

Dokter yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Pondok Indah itu mengatakan, penyebab terjadinya kanker laring belum diketahui secara pasti. Akan tetapi salah satu faktor yang diduga menyebabkan kanker laring adalah merokok.

Ya, merokok merupakan pemicu utama kanker laring. Selain itu, memiliki anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit kanker juga dapat memengaruhi terjadinya kanker laring, dan paparan polusi udara secara terus menerus.

Pakar Sebut Pasien Kanker yang Meninggal Bukan Karena Kanker Melainkan Serangan Jantung dan Stroke

"Sebagai pencegahan kanker laring, sebaiknya Anda mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat, dan berhentilah merokok. Apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti sakit tenggorokan yang berlangsung lama, sebaiknya jangan ditunda untuk konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut." ucap Zainal. (ase)

Ilustrasi kanker.

10 Cara Mengurangi Risiko Kanker, Murah dan Mudah Dilakukan

Seringkali, apa yang diketahui soal pencegahan kanker masih berubah. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa risiko Anda terkena kanker ditentukan oleh pilihan gaya hidup

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024