Olahraga Aman Saat Cedera Ringan

VIVAnews - Cedera saat berolahraga sering terjadi dan menimbulkan rasa nyeri. Hal tersebut biasanya membuat kita berhenti atau bahkan tidak ingin berolahraga lagi.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Banyak cedera timbul karena kurangnya pemanasan saat berolahraga. Jadi, pastikan Anda sudah cukup melakukan pemanasan sebelumnya untuk menghindari cedera.

Sebenarnya kita masih bisa berolahraga jika cedera yang diderita dalam kategori ringan. Ketahui olahraga apa saja yang aman dilakukan saat Anda mengalami cedera ringan pada bagian tubuh tertentu.

- Cedera Lutut
Pemicu cedera atau nyeri pada lutut biasanya disebabkan karena terlalu memaksakan kaki untuk berlari. Hindari terlalu banyak duduk, naik turun tangga, beberapa posisi yoga, karena akan membuat cedera lutut makin parah. Kaum wanita seringkali mengalami cedera lutut, karena tulang panggul lebar akan menambah tekanan pada lutut. Olahraga yang tetap bisa dilakukan adalah bersepeda santai atau berenang. Lakukan juga latihan yang menguatkan dan melenturkan kaki, pinggul, bokong serta keseimbangan tubuh.

- Cedera Punggung bawah
"Pemicu rasa nyeri atau cedera pada punggung bagian bawah adalah karena banyak mengangkat beban berat, gerakan memutar yang tiba-tiba dan beberapa tidak diketahui penyebabnya," kata Stanley A. Herring, M.D., kepala perawatan tulang belakang, University of Washington di Seattle, Amerika Serikat seperti vivanews kuti dari Real Simple. Sebaiknya kurangi dulu mengangkat beban yang berat, lari, yoga dan pilates. Karena, bisa membuat gerakan pada otot punggung belakang dan memperparah cedera. Anda bisa tetap berolahrga seperti berjalan, bersepeda atau berenang.

- Cedera Bahu
Cedera bahu biasanya dialami saat berenang atau main tennis karena gerakan tangan memutar secara berlebihan dan mengabaikan teknik yang aman. Rasa nyeri atau cedera pada punggung ini juga sering disebabkan karena kurang melakukan pemanasan. Anda bisa tetap berjalan, berlari atau bersepeda.

- Cedera kaki
Pemicu cedera pada kaki adalah karena terlalu banyak berlari, berjalan, atau menggunakan sepatu yang tidak pas. Biasanya rasa nyeri akan berpusat pada tumit atau terjadi pembengkakan pada kaki bagian bawah. Anda bisa tetap berenang atau melakukan latihan kelenturan dengan posisi duduk.

Duel Real Madrid vs Barcelona

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona

Duel Real Madrid vs Barcelona dalam lanjutan LaLiga matchday ke 32 di Stadion Santiago Bernabeu, Senin 22 April 2024. pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024