Tiga Sebab Orang Sering Overbudget saat Liburan

Ilustrasi-Berlibur
Sumber :
  • Pixabay/Engin_Akyurt

VIVA.co.id – Overbudget atau menghabiskan uang yang melebihi bujet saat sedang liburan jadi salah satu masalah paling umum yang sering dihadapi, terutama oleh mereka yang boros. Tak peduli seberapa baik merencanakan liburan, pada akhirnya Anda selalu mengeluarkan uang lebih banyak dari bujet yang direncanakan.

Antisipasi Penipuan! 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran 

Bersenang-senang saat berlibur memang hal yang baik. Tapi bagaimana jika saat berlibur Anda kekurangan uang? Jika hal ini terjadi, pada akhirnya orang akan mengambil tabungan yang justru akan menggangu keuangan mereka.

Lalu, sebenarnya apa yang membuat pengeluaran Anda berlebihan saat liburan? Berikut adalah beberapa alasan yang memungkinkan hal tersebut terjadi, yang dilansir dari laman India Today, Rabu 20 September 2017.

Gudang Penyimpanan Paket di Cengkareng Kebakaran, Lazada Klaim Pengiriman Tak Terganggu

Perbedaan nilai mata uang

Hal ini menjadi sangat penting terutama jika Anda mengunjungi negara yang nilai mata uangnya lebih rendah daripada mata uang negara Anda.

Destinasi Baru, Tempat Berbelanja Ini Bisa Bermain dan Berkarya Bersama

Profesor pemasaran di kampus INSEAD di Singapura, Klaus Wertenbroch mengatakan bahwa banyak orang yang cenderung tidak memikirkan seberapa banyak uang yang dikeluarkan, untuk dibelanjakan saat berlibur.

Perhitungan uang yang tidak realistis

Esta Shah, profesor pemasaran di Universitas Cincinnati, India mengungkapkan, terkadang wisatawan juga membuat anggaran yang tidak realistis. Baik itu terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena rata-rata orang membuat anggaran bukan sesuai dengan uang yang mereka miliki tapi berdasarkan apa yang mereka inginkan.

Situasi di lapangan

Ketakutan tidak mendapatkan sesuatu karena mungkin tidak ada lagi ketika kembali ke sana sering dirasakan wisatawan. Ini seringkali menjadi alasan seseorang salah mengambil keputusan.

Pada kesempatan tersebut, pengeluaran besar pun bisa terjadi. Deepak Chhabra, associate professor di Arizona State University mengatakan, “Orang melihat kehidupan dari perspektif jangka pendek dan bisa terbawa.” (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya