Cara Jitu Mona Ratuliu Ajarkan Anak Kelola Uang

Mona Ratuliu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus

VIVA.co.id –  Selain dikenal sebagai pembawa acara dan aktris, Mona Ratuliu juga cukup serius dengan dunia parenting selama kurang lebih tujuh tahun belakangan. Mona kerap kali mengikuti seminar mengenai parenting.

Cerita Mona Ratuliu, Anaknya Idap Dermatitis Atopik

Bukan hanya sebagai peserta, istri dari Indra Brasco ini juga kerap mengisi acara parenting sebagai pembicara. Belakangan, dia juga menuliskan sebuah buku berjudul Parent Think.

Tak hanya peduli soal tumbuh kembang anak, ibu tiga anak ini juga mengaku sangat peduli untuk mendidik dan mengenalkan uang dan cara mengelolanya dengan baik. Sejak usia dini, buah hatinya telah diberi pemahaman cara bijak mengelola keuangan. Lantas seperti apa tips mengelola keuangan untuk anak ala Mona?

Cerita Mona Ratuliu, Melahirkan di Tengah Pandemi Corona

Hal paling awal dan sederhana ialah dengan bermain jual beli. Dengan cara ini, menurutnya, orangtua bisa memberikan pemahaman bahwa uang memiliki fungsi sebagai alat tukar dan jual beli.

"Caranya macam-macam, tapi yang penting anak tahu dulu dan diinformasikan fungsi uang," kata dia saat diskusi #BicaraUang di Kantor Permata Bank, Sudirman, Jakarta Pusat, 20 September 2017.

Gara-gara Corona Mona Ratuliu Bakal Lahiran Tanpa Didampingi Suami

Cara lain yang juga bisa diterapkan ialah dengan mengajak anak belanja, baik ke pasar tradisional atau ke supermarket. Dengan mengajak belanja ke supermarket, menurut Mona, anak bisa tahu, bagaimana merencanakan keuangan untuk berbelanja.

"Di situ anak dapat informasi bahwa uang bisa untuk membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, atau hanya sekadar diinginkan," kata Mona.

Hal lain yang juga bisa diajarkan yakni ketika sang anak minta dibelikan mainan. Menurutnya dengan cara demikian anak bisa mengenal besaran uang dan perlu usaha untuk membeli sesuatu yang mahal, sehingga harus menabung.

"Biasanya aku kasih tahu, boleh beli kalau harganya murah, jadi aku ajarkan mereka hitung kalau angkanya 4 itu murah dan boleh beli, kalau angkanya lebih dari itu artinya kita tunda dahulu dan mesti usaha untuk mendapatkannya, itu secara tidak langsung kita sudah bicara uang ke anak," kata dia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya