Tips Perawatan Usai Operasi Kelopak Mata

Tatapan mata yang sehat
Sumber :
  • Pixabay/Engin Akyurt

VIVA.co.id – Kini operasi kelopak mata, tidak hanya dilakukan untuk alasan kesehatan. Estetika menjadi pendorong banyak orang untuk melakukan prosedur ini.

Lucinta Luna Operasi Kelopak Mata, Buat Apa dan Gimana Risikonya?

Tentunya pascaoperasi, Anda harus lebih berhati-hati menjaga area sekitar mata. Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan pascaoperasi menurut dr. Yunia Irawati, SpM (K) dari Jakarta Eye Center.

Pertama, jangan lupa untuk mengompres mata selama 2-3 jam sehari. Kompres dengan air dingin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pascaoperasi dan mengurangi pembengkakan atau memar.

Usai Operasi Kelopak Mata, Pelajar Di-bully Teman Sekelas

"Lapisan kulit kelopak itu longgar. Menangis saja bisa bikin bengkak, rasa enggak nyaman dapat dihilangkan dengan kompres dingin," kata dr. Yunia, belum lama ini.

Saat tidur, usahakan kepala berada di posisi yang lebih tinggi. Sama dengan kompres, hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan akibat akumulasi cairan pada mata pascaoperasi. Setidaknya kepala berada 45 derajat lebih tinggi.

Operasi Kelopak Mata pada Anak, Bolehkah?

Selanjutnya, pada dua hingga tiga hari pertama pascaoperasi, rasa nyeri hebat, penonjolan bola mata, penglihatan yang menurun tajam kerap terjadi. Gangguan ini biasanya berlangsung beberapa jam. Jika terjadi hal buruk atau gangguan tidak hilang, segera hubungi dokter atau kunjungi IGD.

"Hal ini bisa terjadi 2-3 hari pascaoperasi. Pada masa ini pendarahan di belakang bola mata adalah hal yang paling dikhawatirkan. Meskipun jarang terjadi pasien harus tahu agar tidak melakukan tindakan yang dapat memperburuk kondisi mata," tutur dr. Yunia.

Biasanya, pasien akan mendapati jahitan pada kelopak hingga satu minggu. Jadi Anda perlu bersabar sebelum mendapat mata impian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya