Nuansa Serba Hitam untuk Rumah, Kenapa Tidak

Ilustrasi ruang tamu.
Sumber :
  • Pixabay/ErikaWittlieb

VIVA.co.id – Pemilihan warna hitam sebagai point collor untuk sebuah hunian, seringkali dihindari, karena masih banyak yang takut untuk mengaplikasikannya.

Cheng Ho, Pelaut China Muslim yang Jadi Simbol Diplomasi Modern

Beberapa alasan untuk menghindari hitam, mulai dari takut ruangan akan terkesan sempit, gelap, lusuh dan membuat rumah jadi terkesan jelek. Namun ternyata, penggunaan hitam untuk sebuah hunian sebenarnya tak perlu dihindari.

Bahkan, jika Anda bisa mengatur dan mengombinasikan warna hitam tersebut dengan warna lainnya, justru hal ini bisa menjadikan warna hitam lebih keren dan elegan. Tapi tidak semua warna bisa dikombinasikan dengan hitam, karena ada beberapa warna yang memang dihindari untuk dikombinasikan dengan hitam.

Desain Rumah Kecil Biar Terlihat Luas, Ternyata Gampang

Seperti dilansir dari HGTV pada 22 September 2017, berikut rahasia para desain interior dalam penggunaan warna hitam pada ruangan yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Edgy Farmhouse Look

Desain Kamar Remaja Laki-laki, Sesuaikan dengan Karakternya

Jika ingin membuat ruang lama Anda menjadi nampak baru, Anda dapat menggabungkan furnitur kayu lama dengan memberikan sentuhan hitam pada dinding ruangan. Dengan penggunaan warna hitam pada dinding ruangan, akan memberikan kesan modern pada ruangan Anda. Tidak perlu khawatir, ruangan akan tampak gelap dan menyeramkan, karena Anda bisa menambahkan berberapa tanaman hias di sudut-sudur ruangan, dan menambahkan aksesori yang berwarna cerah seperti putih (Hendricks Churchill LLC)

2. Luxury + Drama

Anda juga dapat menggunakan warna hitam pada langit-langit dan wallpaper bercorak floral pada ruang kamar mandi. Dengan menggunakan warna hitam akan memperkuat wallpaper bercorak floral tersebut yang menjadikan kamar mandi Anda tidak terlihat membonsankan. Warna hitam ini, juga bisa dikombinasikan dengan penggunakan furnitur berwarna putih dengan sedikit corak emas. Kesan elegan juga bisa terlihat dari perpaduan warna ini. (Corine Maggio)

3.  Gunakan lukisan

Jika memiliki banyak lukisan di rumah, dengan menggunakan warna hitam yang kuat pada dinding akan lebih memperkuat karakter pada lukisan di dinding rumah Anda. Dan sangat cocok untuk dipadukan dengan segala furnitur berwarna putih. (Jenn Feldman Designs)

4. Memberikan kesan berbeda pada dapur

Pada ruangan dapur Anda dapat menggunakan perpaduan dinamis antara hitam dan putih. Menggunakan warna hitam pada dinding dapurn akan lebih memperkuat karakter furnitur dapur Anda. Jangan ragu untuk menggunakan warna yang sama pada furnitur, ruangan dapur Anda tidak akan terlihat gelap. Anda juga dapat menggunakan warna putih pada meja sebagai point center pada ruangan, dan cara ini, akan membuat dapur terlihat terang.  (TerraCotta Design Build)

5. Padukan dengan karpet

Memadukan cat dinding warna hitam dengan aksesoris rumah warna cerah bisa mempercantik ruangan dalam rumah. Anda dapat menggunakan karpet berwarna cerah sebagai point center pada ruangan Anda, karena warna hitam yang kuat pada dinding Anda akan dengan mudah menyesuaikan dengan furnitur di ruang rumah Anda sehingga dengan mudah memperkuat karakter pada furnitur di ruangan Anda.

  1. Cobalah hal baru

Masih banyak orang yang ragu dalam menggunakan warna hitam pada dinding kamar mandi. Namun, dengan menggunakan warna hitam pada dinding kamar mandi akan memberikan kesan yang dramatis dan intim pada ruang kamar mandi. Anda dapat menggabungkan dengan ubin lantai yang bercorak. Ini, bisa menambah kesan cantik pada ruang kamar mandi Anda.

7. Warna hitam untuk ruang kerja

Dengan menggunakan warna hitam pada dinding ruang kerja akan memberikan mood yang baik untuk penghuninya. Ini, karena penggunaan warna gelap akan memberikan kesan tenang pada ruang kerja. Untuk menyeimbangkannya Anda dapat menggunakan furnitur berbahan kayu dan meletakkan tanaman hias di ujung meja kerja Anda. Sentuhan warna ini, tentu membuat ruang kerja  tenang dan menyegarkan.
 
Selain memberikan efek menenangkan, penggunaan warna hitam pada dinding ruang kerja ternyata juga dapat menghangatkan apalagi jika ditambah dengan sentuhan tirai tipis yang berwarna lembut seperti putih, sehingga cahaya pada ruang kerja Anda tetap terjaga dengan adanya sinar matahari yang dapat dengan mudah masuk ke dalam ruang kerja. Penggunaan karpet yang berbahan bulu halus juga akan memberikan kesan yang hangat, nyaman dan memberikan kesan furturistik.

8. Gunakan hiasan rumah berpola

Penggunaan selimut dan bantal yang bermotif yang di padukan dengan warna hitam untuk dinding ruang kamar tidur Anda, akan meberikan kesan yang modern.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya