Cara Makan Sushi yang Dianggap Bisa Hina Koki

Sushi.
Sumber :
  • Pixabay/qimono

VIVA.co.id – Sushi kini menjadi menu Jepang yang banyak disukai masyarakat di seluruh Indonesia. Menu yang biasa ditata cantik berbahan dasar nasi, rumput laut, dan ikan segar ini, kini banyak dijajakan di sejumlah kafe dan juga restoran.

Pemegang Saham Restoran Sushi Tempuh Jalur Pengadilan Agar RUPSLB Digelar

Namun, tahukah Anda, mengonsumsi sushi ada aturannya? Bagi Anda yang ingin menikmati sushi di restoran atau kafe khas Jepang, sebaiknya Anda tahu, aturan-aturan wajib dalam mengonsumsi sushi. Seperti dilansir laman Independent.

Kesalahan terbesar yang dilakukan orang-orang awam saat bersantap sushi adalah mencampur acar jahe di atas sushi, lalu membasahinya dengan kecap.  Menurut Koki Sushi asal Tokyo, Naomichi Yasuda, menempatkan jahe pada ikan juga seringkali dilakukan, namun, cara ini adalah cara yang salah, bahkan bertentangan dengan etiket orang Jepang.

Rekomendasi 5 Restoran Sushi PIK yang Enak dan Tempatnya Estetik!

Dalam video Munchies, Yasuda juga membeberkan kesalahan umum lainnya, seperti mencelupkan ikan ke dalam kecap, dan menggoyangkannya. Dan berikut kesalahan lain yang harus dihindari saat menikmati sushi.

Maki

Restoran Jepang Ini Jual Sushi Terkecil di Dunia, Hanya dengan Satu Butir Nasi

Secara tradisional, gulungan maki yang terbungkus rumput laut, ditancapkan dengan lembut dalam kecap dengan tangan dan masuk ke keseluruhan mulut. Sepotong jahe kemudian dimakan untuk membersihkan palet.

Nigiri Sushi

Nigiri sushi - di mana satu blok nasi menjadi alas untuk topping - dicengkeram dengan sumpit dan diputar miring sehingga ikan bisa dicelupkan ke dalam kecap.

Wasabi
Menghancurkan rasa ikan yang lembut dengan menutupi sushi di wasabi adalah kesalahan besar lainnya, ungkap Sterling Ridings, koki sushi bar Uchiko baru-baru ini. Mengisi hidangan dengan terlalu banyak kecap dan menyeka sumpit bersama-sama, sementara itu, juga dipandang sebagai penghinaan terhadap koki. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya