Serbu 600 Porsi Ikan Patin dan 7.200 Martabak di HUT Jabar

Olahan ikan patin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, mempersiapkan 600 porsi makanan olahan ikan patin, yang akan disajikan untuk para pengunjung dalam perayaan hari jadi Jawa Barat ke-72. Gelaran bertajuk ‘Gedung Sate Festival-Semarak Pesta Rakyat' itu akan dihelat pada 29-30 September 2017.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan Dinas Perikanan Jabar, Dini Wardini Mulatsari menjelaskan, alasan ikan patin dipilih sebagai bahan utama olahan di perayaan tersebut. Menurutnya, itu karena tingkat konsumsi ikan patin masih rendah.

"Kenapa ikan patin yang diangkat? Karena patin itu yang dikunsumsi kurang peminatnya, kalah favorit dengan ikan air tawar lain, seperti gurame, nila, ikan mas," ujar Dini di Gedung Sate Kota Bandung Jawa Barat, Rabu 27 September 2017.

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

Selain diminta untuk menghabiskan ikan patin, masyarakat akan menerima edukasi mengenai tips dan trik memasak ikan patin yang sehat dan aman oleh Chef Barra Raoul Pattiradjawane.

Untuk penyediaan makanan olahan ikan patin, pemerintah juga menggandeng restoran dan rumah makan di Kota Bandung.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

"Ada beberapa resto di Bandung ada olahan patinnya, nanti akan menampilkan masakan olahan patin. Ada balai kita produksinya patin. Untuk pindang patin itu ada 500 porsi, dari resto-resto itu sekitar 100 porsi," katanya.

Selain olahan patin, Dinas Perikanan juga menyediakan makanan olahan ikan laut. "Udang, banyak olahan. Masing-masing 500 porsi. Jadi banyak untuk dibagikan kepada pengunjung," ucapnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga dapat mencicipi secara 7.200 martabak San Fransisco gratis. Untuk menu penunjang lainnya, di antaranya Food Truck, Dahareun Buhun, Bandung Tea Festival dan Ngopi Saraosna Vol 3 dengan 54 booth pegiat kopi se-Jawa Barat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya