Cara Cespleng Atasi Diare

VIVAnews - Lebih dari 5 kali buang air besar (BAB) dalam satu hari? Hati-hati, bisa jadi Anda terserang diare. Meski tergolong gangguan kesehatan ringan sebaiknya jangan disepelekan. Kenali cara untuk mengatasinya berikut ini!

Apa itu diare? Diare adalah kotoran (feses) berupa cairan, dan berlangsung beberapa kali dalam sehari. Ini terjadi jika usus dan isi perut terkena radang. Pada banyak kasus, diare sifatnya temporer, tapi menyebabkan keadaan yang tidak menyenangkan karena perut sakit, mual, muntah atau demam.
   
Apa yang menyebabkan diare?
- Infeksi virus.
- Infeksi kuman.
- Keracunan.
- Alergi.
   
Ini solusinya:
- Banyak minum air (lebih dianjurkan air teh hangat yang diberi seujung sendok teh garam dapur dan sedikit gula), jus buah, atau sup bening,

- Makanlah makanan lunak. Dianjurkan makan bubur nasi dengan kecap.

- Makan obat terutama oralit (larutan garam dan elektrolit) selama masih diare.

- Obat penekan diare (sebaiknya hindari obat yang menghentikan gerakan usus) boleh dimakan jika frekuensi diare sudah mengganggu ketenangan Anda.

- Beristirahatlah jika merasa lemah.

- Jika terjadi pada bayi, berikan makanan setengah porsi yang biasa ia makan, dan berikan juga larutan garam oralit selama ia masih diare. Sebaiknya diberikan melalui sendok. Air susu ibu tidak usah dihentikan selama anak masih mau.

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis
VIVA Militer: Pasukan milisi Republik Ossetia Selatan

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

PBB memiliki anggota sekitar 193 negara. Namun, di luar jajaran negara-negara tersebut, terdapat setidaknya 9 negara yang belum mendapat pengakuan sebagai anggota PBB. 

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024