Sering Dengarkan Musik Efektif Cegah Risiko Demensia

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Siapa yang tak suka musik? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mendengarkan musik mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan saraf otak. 

Sadis, Pegulat WWE Chris Benoit Bunuh Anak dan Istri Lalu Gantung Diri

Baru-baru ini sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa mendengarkan musik bagi pasien demensia ternyata juga dapat mengurangi kecemasan hingga memperbaiki suasana hati.

Mendengarkan musik dapat membuat otak manusia untuk lebih aktif mengingat kembali berbagai kenangan penting. Stimulasi dari kenangan masa lalu akan membangkitkan emosi Orang Dengan Demensia (ODD) khususnya, secara positif.
 
Direktur Regional Alzheimer’s Disease International - Asia Pasifik, DY Suharya, menjelaskan mendengarkan musik dan bernyanyi akan mengaktifkan otak kiri dan kanan pasien demensia. Otak akan bekerja secara menyeluruh dan membuat ODD menggunakan kapasitas otak lebih dari biasanya dan memacu berbagai fungsi otak.

Dipengaruhi Hipertensi, Gimana Cara Cegah Demensia di Usia Senja?

“Selain itu, mendengarkan musik bagi ODD dapat membuat suasana hati lebih tenang dan merangsang interaksi positif, memfasilitasi fungsi kognitif dan mengkoordinasikan gerakan motorik,” kata DY Suharya dari rilis yang diterima VIVA.co.id Rabu 18 Oktober 2017.

Direktur Eksekutif Alzheimer’s Indonesia, Sakurayuki juga menjelaskan bahwa mendengarkan musik dapat membuat ODD lebih tenang dalam menghadapi sundown syndrome, yaitu perilaku saat ODD mengalami disorientasi dan kebingungan menjelang matahari terbenam. Musik dapat membantu ODD lebih rileks dan membuat suasana hati lebih terjaga.

Hipertensi Ancam Pikiran! Kontrol Tekanan Darah Seumur Hidup untuk Hindari Demensia

“Sementara bagi anak muda dan lansia yang tidak terkena demensia, mendengarkan musik dapat mengurangi risiko demensia di masa yang akan datang karena mengurangi risiko depresi,” katanya.

Ilustrasi pasien Alzheimer atau Demensia

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Terminal lucidity, dimaknai sebagai fenomena kembalinya “kejernihan” pikiran seseorang secara mendadak menjelang ajalnya. Fenomena ini masih menjadi perdebatan para ahli.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024