Haid Terlalu Lama, Normalkah?

Tanya:
Saya mempunyai masalah, yaitu menstruasi yang tidak teratur. Bulan lalu, saya mengalami haid sampai kira-kira 20 hari lamanya (28 Juli- 14 Agustus). Lalu berhenti selama 5 hari, dan kembali haid dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 1 September. Saya memeriksakan diri ke dokter kandungan, dan diberi tahu bahwa penyebabnya hanyalah gangguan hormonal.
 
Saya diberi obat untuk menghentikan haid, tapi haid saya bukannya berhenti malah datang lagi pada tanggal 5-8 September. Setelah itu, saya berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan yang lain. Saya diberi obat untuk melancarkan haid, karena katanya ada penumpukan di rahim saya. Haid saya lalu berhenti, dan baru datang lagi bulan berikutnya.

Saya masih lajang, dan sangat khawatir akan kondisi ini. Apakah ada kemungkinan saya terkena kanker rahim, karena menurut yang saya baca, salah satu gejala penyakit ini adalah haid yang tidak berhenti.

mxxx@yahoo.com

Jawab:
Berdasarkan keluhan yang Anda sampaikan, haid yang tidak teratur sejak awal, memang lebih besar kemungkinannya terjadi karena masalah hormonal. Karena pertanyaan yang Anda sampaikan adalah mengenai kanker rahim, maka penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini adalah mengenai hal tersebut.    

Yang dimaksud dengan kanker rahim dalam pembahasan ini adalah proses keganasan yang terjadi pada selaput lendir rahim (endometrium) yang dalam dunia kedokteran disebut kanker endometrium.

Sampai saat ini, penyebab kanker belum diketahui dengan pasti. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ada kecenderungan penyakit ini terjadi pada wanita berusia di atas lima puluh tahun, yang mempunyai riwayat haid tidak teratur, ovulasi (pelepasan sel telur) tidak teratur, sehingga sulit hamil.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi
Angger Dimas saat berada di makam Dante

Ibunda Meninggal Dunia, Angger Dimas Ungkap Kenangan Haru Tak Terlupakan

Angger Dimas mengungkap kenangan indah dengan sang bunda. Angger merasa Tri Rahayu merupakan sosok ibu yang sangat berjasa yang telah membuatnya sampai di titik sekarang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024