Ketahui Pemicu Berkurangnya Produksi Kolagen di Kulit

Ilustrasi wanita cantik.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla5

VIVA – Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang dapat ditemukan kurang lebih 30 persen pada tubuh dan 70 persen pada kulit. Meski erat kaitannya dengan kesehatan kulit dan wajah, ternyata kolagen memiliki manfaat lain untuk tubuh.

Skincare dengan Kandungan Super Food, Lebih Optimal Menutrisi Kulit

"Tidak hanya untuk melindungi kulit agar tetap kencang dan kenyal, kolagen pun bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang, persendian, rambut, gigi, otot dan meningkat kekuatan di sebagian besar organ utama," kata ahli kulit, dr. Fitria Amalia, Sp.KK di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2017.

Dan seiring bertambahnya usia dan semakin tingginya tingkat stres yang dihadapi oleh tubuh, maka produksi kolagen semakin berkurang, sehingga berdampak pada tubuh. Diketahui setiap tahun, terjadinya penurunan jumlah kolagen sebesar 1 persen.

Bagian Ayam Ini Sering Disepelekan, Zaidul Akbar Ungkap Manfaatnya Bagi Kecantikan Kulit

Menurunnya produksi kolagen akan menyebabkan kulit menjadi kendur, kusam dan munculnya kerutan. Selain itu, bisa menyebabkan terjadi gangguan di vaskulersasi (pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke organ pencernaan), yang menyebabkan mudahnya timbul memar, nyeri sendi hingga mengurangi cara kerja pencernaan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan mengurangi makanan junk food. Tak hanya itu, perlu juga mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan tinggi untuk membantu proses sintesis kolagen.

Pria Makin Sadar Pentingnya Merawat Diri di Tahun 2024, Konsumsi Kolagen jadi Pilihan

"Karena memang dasarnya semakin bertambahnya usia atau adanya genetik maka semakin berkurangnya kolagen yang ada di tubuh. Tapi kita bisa mencegah faktor penyebab berkurangnya kolagen," ujar dia.

Ilustrasi Alpukat.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Membantu Lebih Cerah dan Lembap

Buah alpukat, dikenal juga sebagai "buah mentega" karena teksturnya yang lembut dan creamy tidak hanya itu, alpukat juga mengandung sejumlah nutrisi untuk kesehatan kulit

img_title
VIVA.co.id
27 Februari 2024