Ingin Pertahankan Kilau Asli Berlian, Pantang Lakukan Ini

Cincin berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA – Tingkat kejernihan berlian sering kali menurun kualitasnya. Hal tersebut biasanya karena pemakaian yang kurang tepat.

Jalani Pemotretan, Nia Ramadhani Kenakan Busana Seharga Rp3 Miliar

Untuk menjaga kilau berlian, pastikan untuk menghindari air yang mengandung klorin. Tak hanya itu, Devi Chayadi selaku Diamond Expert dari Gemological Institute of America menyarankan untuk menghindari berlian dari produk dengan bahan-bahan yang mengandung kimia seperti losion, hairspray dan minyak wangi sebab bila terkena, warna berlian perlahan akan memudar dan berubah warna.

"Untuk menjaga kejernihan kilau berlian sebaiknya hindari klorin. Ini dapat melemahkan daya ikat emas yang mengikat berlian," ujar dia kepada VIVA.co.id, Kamis malam 19 Oktober 2017.

Kekasih Cristiano Ronaldo Pamer Perhiasan Berlian Senilai Rp13 Miliar

Dia menambahkan, bila perhiasan terkena noda, jangan biarkan terlalu lama. Saran dia, segera cuci dengan sabun deterjen ringan dan sikat berbulu halus untuk menghilangkan kotoran.

"Kalau cincin terkena kotoran janganlah dibiarkanlah lama-lama. Segera cuci agar kotoran bisa terangkat," ucap Devi.

Glamor di Grammy Awards, Lady Gaga Pakai Perhiasan Berlian 101 Karat

Sementara bila perhiasan berlian tidak sering digunakan, sebaiknya simpan menggunakan pembungkus khusus yang bebas karat. Hindari menyimpan berlian dalam keadaan terbuka. (ren)

Ilustrasi berlian.

Tips Membeli Perhiasan Berlian untuk Pemula, Jangan Sampai Salah Pilih

Membeli berlian bukan hanya pembelian besar, namun juga sebuah keputusan besar karena harganya yang tidak murah. Untuk itu, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023