Tips Pemula Menilai Kualitas Berlian

Perhiasan berlian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA – Setiap wanita tentunya terpukau melihat keindahan berlian. Perhiasan yang terbentuk dari mineral batu ini memiliki harga yang fantastis. 

Cincin Hotman Paris Hilang, Seharga Rp12 Miliar?

Mengapa demikian, sebab berlian tidak bisa pecah atau tergores, kecuali oleh berlian lainnya. Selain itu, bentuk dan berat tiap-tiap berlian pasti selalu berbeda-beda, sehingga harganya pun beragam. 

Jika Anda berniat membeli berlian, ada trik khusus. Devi Chayadi selaku Diamond Expert lulusan dari Gemological Institute of America (GIA) menjelaskan bahwa pastikan Anda mengenali faktor 4C. Faktor tersebut meliputi yaitu Carat, Cutting, Color, Clarity. 

Cincin Lamaran Pemberian Antonio Dedola Ternyata Dibeli dengan Uang Nikita Mirzani

Carat sendiri mengacu pada berat, Cutting untuk potongan berlian. Color adalah warna berlian dan Clarity terkait kejernihan dari berlian tersebut. Selain itu, pastikan Anda membandingkan harga berlian dari toko satu dengan toko lainnya.

"Bagi pemula yang ingin beli berlian sebaiknya kenali dahulu 4 C yaitu Carat, Cutting, Color, Clarity sehingga menghasilkan ragam pilihan yang banyak. Kemudian cek harga dan bandingkan dari toko satu ke toko lainnya," ucap Devi kepada VIVA.co.id.

Dikasih Cincin Berlian, Nikita Mirzani Dilamar Kekasih Bulenya Antonio Dedola

Selanjutnya, jika memang dibutuhkan tanyakanlah kelengkapan dokumen pendamping atau sertifikat internasional. Ini baik agar kualitas berlian lebih terpercaya.

“Sekalipun memiliki sertifikat pastikan Anda mengenal penjual berlian tersebut dengan baik.  Hal ini untuk menghindari hit and run yang  nantinya menyulitkan Anda,” katanya.

Hotman Paris

Hotman Paris Ungkap Alasan Koleksi Banyak Cincin Berlian

Hotman Paris membeberkan alasan kenapa ia memiliki banyak koleksi cincin berlian. Ternyata, Hotman menganggap bahwa cincin berlian sebagai lambang kesuksesan.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023