Tips Menu Sarapan Sesuai Porsi Nutrisi Tiap Anggota Keluarga

Menu sarapan sehat
Sumber :
  • Pixabay/ Paul_DAPARocks

VIVA – Sebelum melakukan aktivitas di pagi hari. Setiap orang baik anak-anak maupun dewasa dianjurkan untuk sarapan. Karena sarapan memiliki peran yang penting untuk membantu meingkatkan konsentrasi dalam melakukan kegiatan harian.

Dr Zaidul Akbar Ungkap Komposisi Sarapan Sehat Agar Tak Gampang Ngantuk

Untuk itu, seorang ibu harus memahami komponen gizi yang dibutuhkan bagi setiap anggota keluarga. Misalnya kebutuhan gizi anak, tidak sama dengan kebutuhan gizi suaminya. Namun jangan dibuat pusing, Pakar Nutrisi, Sari Sunda Bulan memberikan tips bagaimana menyiapkan sarapan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi setiap anggota keluarga.

"Untuk sarapan harus seimbang porsinya, antara komposisi karbohidrat dan protein," ungkap Sari kepada VIVA.co.id dalam acara Internasional Day Chef's 2017 di Modena Training Center, Jakarta Selatan, Jumat 20 Oktober 2017.

Teh Manis dan Nasi Goreng Bukan Sarapan Ideal, Begini Anjuran Pakar

Ia memaparkan lebih jauh, karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi utama bisa didapatkan dari roti, nasi atau sereal.

Selain itu, katanya anak-anak pun perlu tenaga untuk berpikir. Oleh karena itu pastikan ada protein yang bisa didapat dari susu, telur atau keju.

Lupakan Nasi Goreng, Ini Menu Sarapan Sehat Hanya 3 Bahan

"Jadi bisa dikombinasikan mengonsumsi sereal dengan dicampur susu atau mengonsumsi roti dengan telur. Jika anak masih bisa menampung makanan, bisa tambahkan buah-buahan seperti pepaya, pisang, jeruk atau apel," ujar Sari.

Dalam takaran pemberian sarapan, orang tua pun harus memperhatikan. Jangan sampai berlebih sehingga mengakibatkan anak mudah mengantuk. 

"Jika mengonsumsi nasi, jumlah ukurannya sekitar 3/4 gelas belimbing. Jika roti, bisa dikonsumsi 2 lembar, kalau sereal 30 gram," lanjut Sari. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya