Cara Sisca Soewitomo Bikin Beken Kuliner Indonesia

Sisca Soewitomo.
Sumber :
  • Rintan P/VIVA.co.id

VIVA – Bagi penggemar kuliner, Jakarta Culinary Festival mulai tanggal 16 hingga 19 November 2017 menjadi kesempatan emas untuk menjajal beragam jenis makanan khas Indonesia dan internasional.  Salah satu chef yang ikut mengisi event ini adalah Sisca Soewitomo. Keikutsertaannya kali ini karena keinginannya untuk membuat masakan Indonesia mendunia. 

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

"Marilah bersama-sama menduniakan sajian Indonesia, kenapa, supaya restoran Indonesia  itu ada di seluruh dunia," ujarnya di Kitchenette Senayan City Jakarta, Sabtu 18 November 2017.

Alasannya sederhana. Sisca mengaku ingin mengobati kerinduan anak-anak Indonesia yang tengah sekolah di luar negeri ataupun mereka yang besar di luar negeri akan makanan Indonesia. Dia pun berkeinginan agar restoran masakan Indonesia mudah ditemukan di luar negeri seperti restoran-restoran dari negara tetangga.  

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

"Sebenarnya sajian Indonesia itu tidak sulit, karena kita mempunyai beberapa jenis bumbu yang dari satu bumbu itu bisa dibuat bermacam-macam sajian," imbuh Sisca. 

Apalagi, selain memiliki bumbu yang sederhana, sekarang ini menemukan bumbu masakan Indonesia mudah ditemukan di luar negeri. Karena masyarakat Indonesia yang sedang berada di luar negeri bisa mendapatkan bahan makanan untuk memasak masakan Indonesia dari toko bahan makanan negara Asia lainnya. 

Status PPKM Dicabut, Wisata Kuliner Tangerang Bangkit Lagi

"Di seluruh dunia hampir semua rempah-rempah bahan pokoknya Chinese grocery, Vietnam, Thailand, kita mudah (gunakan) karena hampir sama, hanya tingkat rasa berbeda. Secara rasa akhir beda-beda, ada yang senang asin, pedas, manis," lanjut Sisca.

Lewat event yang digelar di Senayan City ini, penggemar kuliner bisa mengunjungi beberapa booth restoran pilihan dengan beragam jenis makanan, dessert, juga ada beberapa food truck dengan banyak pilihan. (ren)

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023