Olahraga Rutin Ampuh Redakan Cemas

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA – Sebuah studi menemukan bahwa aktivitas fisik mampu menghilangkan rasa cemas yang dialami. Penelitian tersebut menemukan, aktivitas fisik ampuh meningkatkan mood dan menurunkan rasa cemas.

Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh Rektor Nonaktif UP Mengaku Trauma Lihat Gedung Kampus

Dilansir dari laman Medical Daily, peneliti melakukan survei pada hampir 300 pasien di klinik kesehatan mental, ditemukan 85 persennya merasa aktivitas fisik ampuh tingkatkan mood. Studi dari jurnal General Hospital Psychology itu merekomendasikan olahraga minimal 2,5 jam dalam seminggu untuk menghilangkan rasa cemas yang dirasakan.

"Aktivitas fisik terbukti efektif meminimalisir jenis depresi mulai dari yang ringan hingga sedang dan rasa cemas," ujar peneliti Carol Janney.

5 Manfaat Konsep Hidup Slow Living untuk Melatih Mental dan Bisa Lebih Bahagia

"Acuan aktivitas fisik yang direkomendasikan minimal 30 menit setiap 5 hari dalam seminggu untuk mencapai peningkatan kesehatan mental dan fisik," jelasnya.

Menambahkan program olahraga untuk meningkatkan kesehatan mental para pasien, diharapkan mampu meredakan tanda dan gejala depresi hingga cemas. Sebab, penelitian ini menjadi bukti bahwa aktivitas fisik memang ampuh meningkatkan kesehatan mental tiap individu.

4 Dampak Positif Memelihara Kucing dalam Kehidupan Sehari-hari, Bisa Sehatkan Mental

"Program perawatan untuk kesehatan mental membutuhkan fitnes untuk mendukung keinginan pasien dalam berolahraga lebih banyak," ujar peneliti lainnya, Marcia Valenstein.

Penelitian sebelumnya juga terbukti adanya kaitan antara olahraga dan kesehatan mental individu. Hanya dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki atau olahraga di gym, mampu menunjukkan peningkatan mood, bahkan menjadi obat antidepresi bagi beberapa orang. (one)

Zaidul Akbar.

Zaidul Akbar Ungkap Penyakit Bodoh hingga Kecemasan Bisa Hilang di Ramadhan, Gimana Caranya?

Bagaimana caranya puasa Ramadhan bisa menghilangkan berbagai penyakit seperti yang disebutkan di atas? Dr. Zaidul Akbar mengungkap ada dua cara utama,.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024