Deteksi Pemicunya, Sebelum Obati Gangguan Penglihatan Ganda

Tatapan mata yang sehat
Sumber :
  • Pixabay/Engin Akyurt

VIVA – Penglihatan ganda atau diplopia terdiri dari dua jenis yaitu binokuler (dua mata) dan monokuler (satu mata). Meski dipicu oleh beberapa penyebab, diplopia dapat diatasi dengan cara mudah.

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Dilansir laman Medical News Today,  perawatan untuk mengatasi diplopia dilakukan berdasarkan penyakit awal yang memicu penglihatan ganda tersebut. Berikut beberapa pengobatan berdasarkan penyakit pemicu diplopia.

1. Astigmatisme

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Kondisi ini dipicu oleh kerusakan pada kornea. Pada banyak kasus, lensa tertentu dapat memicu kesembuhan pada penglihatan ganda ini. Selain itu, operasi laser bisa menjadi pilihan lain untuk menanganinya.

2. Katarak

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat

Pembedahan menjadi pilihan utama dari kondisi ini. Sayangnya, pembedahan menjadi pisau bermata dua, di mana dapat juga memicu penglihatan ganda terjadi.

3. Opaque intraocular lensa

Metode ini cocok untuk menangani penglihatan ganda binocular. Prosedurnya mencakup menghilangkan lensa pada mata dan menggantinya dengan sebuah implan lensa.

4. Sindrom mata kering

Mata kering dapat memicu inflamasi yang berdampak pada penglihatan ganda. Biasanya, pemberian tetesan air mata tambahan dapat menjadi solusi dari sindrom ini. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya