Tips Tetap Sehat Saat jadi Pecinta Binatang

Hewan peliharaan di rumah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Wajar jika manusia menyukai binatang. Apalagi, jika hewan tersebut terlihat lucu dan menggemaskan. Karena hal inilah, seringkali memelihara binatang menjadi hobi yang menyenangkan.

30 Tahun Dipelihara Ilegal, Buaya Besar Diringkus Petugas untuk Hal Ini

Memelihara binatang memiliki banyak manfaat. Selain menghilangkan stres dan depresi, memelihara binatang juga bermanfaat untuk merangsang sikap simpati dan empati. Namun, di luar manfaatnya, memelihara hewan juga bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Spesialis Penyakit Dalam dr Ahmad Fariz Malvi Zamzam Zein, Sp.PD mengatakan, binatang peliharaan bisa menjadi pembawa kuman salmonella. Atau, bisa juga dari cakarannya, karena kukunya kotor dan tak terawat, bisa menyebabkan penyakit karena kuku binatang yang tak pernah dibersihkan bisa menjadi sarang jamur dan bakteri.

Rachel Vennya Panik Lihat Kucing Peliharaan Ditelantarkan hingga Sakit, Begini Klarifikasi Okin

"Makanya, pada saat kita merawat binatang peliharaan, selalu cuci tangan sesudah dan sebelum menyentuh kucing, agar tidak terkena penularan penyakit lewat hewan," kata dr Ahmad dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Jumat 24 November 2017.

Tak hanya itu, Spesialis Paru, Dr Dewi Puspitorini yang tampil di acara yang sama juga mengatakan, bulu hewan jika tidak dijaga kebersihannya juga bisa mengganggu pernapasan.

5 Tips Penting dalam Menemukan Petshop yang Tepat untuk Hewan Peliharaan Anda

"Bulu binatang mudah rontok, jika mereka yang alergi dan daya tahan tubuhnya tidak bagus, bisa mengalami gatal, asmanya muncul," katanya.

Bulu binatang ini pun akan lebih berbahaya, jika bulunya mengandung kutu. Untuk itu, penting selalu menjaga kebersihan binatang jika suka memeliharanya.

"Kalau binatangnya enggak sehat bulunya mudah rontok. Jika binatangnya tidak dirawat, akhirnya bulunya mudah lembab dan jadi sarang jamur dan bakteri yang bisa menularkan penyakit pada manusia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya