Pantangan ke Pulau Komodo, yang Mens Hati-hati

Pulau Komodo
Sumber :
  • VIVA/Bimo Aria

VIVA – Taman Nasional Kepulauan Komodo, mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Reptil yang hanya ada di Indonesia ini, bahkan juga ditetapkan sebagai salah satu keajaiban dunia. 

Gelombang Tinggi, Kapal Wisata Dilarang Berlayar ke Pulau Komodo

Tentunya, tidak bisa sembarangan, ketika mengunjungi Pulau Komodo, yang merupakan habitat utama dari salah satu hewan purba ini.

Ada beberapa aturan yang sebaiknya tidak dilakukan, ketika mengunjungi pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur tersebut. 

Landmark Budaya Floratama di Parapuar, Destinasi Wisata Baru di NTT

Ketika mengunjungi Pulau Komodo, para wisatawan biasanya akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok akan didampingi oleh ranger yang menjadi pemandu, sekaligus melindungi wisatawan. 

"Harus selalu bersama tidak boleh berpencar. Kemudian, tidak merokok dan tidak membuang sampah sembarang," ungkap Isa, salah satu ranger, kepada VIVA, Jumat 24 November 2017. 

Jam Tangan Mewah Bertema Komodo Dirilis, Sandiaga Uno Komen Begini

Dia juga menyarankan untuk tidak mengambil dan menaruh apapun di taman tersebut. Wisatawan hanya diperbolehkan mengambil gambar dengan arahan dari ranger.

"Jangan terlalu banyak menggerakkan sesuatu, ketika ada komodo, itu salah satu yang menjadi daya tarik dan membuat dia terganggu," kata dia. 

Selain itu, Isa juga mengingatkan bagi perempuan yang tengah menstruasi, agar memberitahu kondisi tersebut kepada ranger. Hal itu, demi menjaga keamanan para pengunjung.

"Supaya penanganan ranger itu jadi lebih terfokus sama mereka," tambahnya.

Seperti diketahui, komodo sendiri cukup sensitif dengan bau darah. Untuk itu, mereka yang tengah menstruasi diminta agar lebih hati-hati. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya