Melihat Banda Aceh di Kampung Persahabatan Indonesia-China

Gerbang masuk ke kampung persahabatan Indonesia–Tiongkok
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Kota Banda Aceh, Aceh, yang dikelilingi laut dan perbukitan membuat lanskap kota ini indah dipandang dari sudut manapun. Tak terkecuali dari bukit yang berada di Kabupaten Aceh Besar, yaitu kampung persahabatan Indonesia–Tiongkok, atau masyarakat lebih sering menyebut sebagai Kampung Jackie Chan.

Aceh Siapkan 110 Event Wisata di 2020 Demi Gaet 3 Juta Wisatawan

Pemukiman ini diperuntukkan bagi korban tsunami, yang dibangun Pemerintah Tiongkok. Pemukiman perbukitan itu diresmikan pada Tahun 2007 silam. 

Kampung ini sangat dikenal warga Banda Aceh maupun Aceh Besar sebagai Kampung Jackie Chan. Tempatnya sangat strategis, selain berada di ketinggian sekira 300 meter, juga berjarak sekira 1,5 kilometer dari pantai.

‘Aceh Halal Tourism’, Branding Baru Pariwisata Aceh

Posisi itu membuat kampung itu relatif aman dari tsunami serta memiliki pemandangan yang elok. Sejauh mata memandang, berada di puncak bukit Desa Neuhun, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.

Dari perbukitan itu semuanya tampak indah, laut, pantai, pelabuhan, permukiman dan gunung seakan menyambung jadi panorama dari atas bukit tersebut.

Mampir Yuk ke Buntul Rintis, Tempat Wisata yang Instagramable di Aceh

Salah seorang warga Kampung Jackie Chan, Tomy Suhendra mengatakan, Kampung itu disebut warga sebagai kampung Jackie Chan karena yang mensponsori dan menggalang dana untuk pembangunan rumah itu ialah Jackie Chan.

“Namun, dalam prasasti, yang ditulis dalam tiga bahasa, Indonesia–Tiongkok–Inggris, disebutkan bahwa Kampung persahabatan Indonesia-Tiongkok itu didanai China Charity Federation and Red Cross Society Of China,” katanya kepada VIVA di kampung Jackie Chan, Minggu, 10 Desember 2017.

Lanskap kota Banda Aceh dari bukit kampung persaudaraan Indonesia–Tiongkok

Saat VIVA berkunjung ke Kampung ini, begitu kendaraan memasuki gerbang perkampungan Jackie Chan. Gerbang kampung sengaja didesain dengan gaya arsitektur Tiongkok. Seperti yang sering dijumpai beberapa lokasi China Town di berbagai kota di Indonesia.

Ratusan rumah bertipe 42 berderet di atas perbukitan, jalan menuju ke puncak bukit pun masih bagus. Infrastruktur seperti masjid, sekolah juga tersedia di Kampung tersebut. Bahkan, rumah makan bernuansa Tiongkok juga ada di kampung itu.

Salah seorang pengunjung, Agus Setyadi mengatakan, jika ingin melihat lanskap Kota Banda Aceh, bisa dari kampung Jackie Chan. 

“Karena Banda Aceh tidak punya gedung pencakar langit, jadi jika mau liat lanskap Banda Aceh salah satunya dari kampung Jackie Chan ini,” sebutnya.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, harus menempuh jarak sekitar 40 menit perjalanan dari Kota Banda Aceh. Setelah sampai ke gerbang kampung Jackie Chan, pengunjung harus naik sekitar 10 menit dari lokasi gerbang masuk, dengan jalan yang berliku-liku.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya