Istri Baby Blues, Suami Harus Lakukan Ini

Ilustrasi baby blues
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Baby blues syndrome adalah kondisi yang dialami banyak perempuan usai melahirkan. Saat mengalaminya, perempuan sering merasa gundah dan bersalah.

Waspada Baby Blues, Inilah Hal-hal yang Dibutuhkan Seorang Ibu Usai Melahirkan

Pada kasus yang ekstrem, beberapa perempuan bahkan tega menyakiti dan membunuh anaknya. Untuk itu, peran suami menjadi penting dalam mendampingi sang istri.

"Jadi saya cukup banyak mendengar ibu-ibu yang berhasil melewati masa  baby blues dengan dukungan suami," ungkap Anastasia Satriyo, Psikolog Klinis Anak, saat ditemui usai acara Mothercare #senangnyajadiibu, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis 13 Desember 2017.

Selain Ibu, Ayah Ternyata Juga Bisa Alami Baby Blues

Anas menjelaskan, peranan suami dalam kondisi ini beragam, sesuai dengan kebutuhan sang istri. Menurutnya, suami bisa membantu menemani sang istri, atau mendengarkan keluh kesahnya.

"Ada yang merasa didukung kalau ditemani begadang, ada yang merasa ditemani kalau didengarkan secara emosinya. Oke kamu lagi capek ya. Jadi dimengerti emosinya," kata dia.

Kejadian Dramatis Dokter TNI Tengah Malam di Pedalaman Papua

Anas menambahkan suami juga bisa menjadi juru bicara pada keluarga saat istri mengalami situasi sulit ketika mengalami baby blues.

"Jadi suami juga bisa menjadi jubir ke keluarga besar. Dan suami memilah dan memilih mana yang akan menemani, jadi peran suami dalam masa baby blues itu penting sih," kata dia.
    

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya