Bunga Bangkai Jenis Langka Mekar di Cagar Alam Maninjau

Bunga Rafflesia spesies langka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Bunga Rafflesia spesies langka kembali ditemukan tumbuh dan mekar di kawasan Cagar Alam Maninjau, tepatnya di Jorong Baringin, Nagari Baringin Kecamatan palembayan, Kabupaten Agam Sumatera Barat.

5 Tumbuhan Langka di Indonesia, Miliki Kayu Terkuat Hingga Bunga Terindah

Bunga Rafflesia spesies langka yang kemudian diketahui bernama Tuan Mudae tersebut, awalnya ditemukan warga setempat sekitar 48 hari yang lalu. 

Penemuan bunga langka ini lantas menarik perhatian Agus Susatya, peneliti Rafflesia dari Jurusan Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu (UNIB). Bersama dengan petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Agus kemudian mendatangi lokasi mekarnya bunga tersebut dan melakukan penelitian lebih lanjut.

Penampakan Bunga Bangkai di Rumah Warga Jaksel yang Bau Tiap Malam

Dikatakan Agus, Rafflesia yang tumbuh di kawasan Cagar alam Maninjau ini, diduga kuat merupakan jenis Tuan Mudae, yang mana masuk dalam kategori yang sangat langka di hutan Pulau Sumatera. 

Melihat kondisi saat ini lanjut Agus, diperkirakan Rafflesia Tuan Mudae ini mekar sekitar tiga atau empat hari yang lalu. Sebab, saat ini kondisi bunganya sudah mulai layu dan membusuk. Ini terlihat dari kondisi kelopaknya, karena usia mekar bunga itu hanya bertahan dalam tujuh hari saja.

Heboh, Bunga Bangkai Setinggi 50 Cm Tumbuh di Kebun Warga Kalbar

"Jenis Rafflesia ini, kita duga Tuan Mudae. Tuan Mudae ini sangat langka ditemukan tumbuh dan mekar di hutan pulau Sumatera," kata Agus, Jumat 15 Desember 2017.

Berdasarkan penelitian sementara, Agus yang juga pernah menemukan Rafflesia varian Bengkuluensis itu menyebutkan, selain yang mekar, juga banyak ditemukan tongkol bunga Raflesia jenis Tuan Mudae tersebut. Diperkirakan dalam empat hingga lima hari ke depan akan mekar sempurna.

“Bunga Raflesia yang ditemukan saat ini, bukanlah jenis bunga Raflesia Arnoldi yang banyak terdapat di hutan Sumatera. Ini spesies langka. Namun, kita akan melakukan penelitian lebih lanjut saat seluruh tongkol itu mekar. Termasuk, mengamati secara intens hingga guna memastikan jenis apa Rafflesia yang ditemukan tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, kepala Seksi Wilayah Satu Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat Khairi Ramadhan menjelaskan, kawasan Cagar Alam Maninjau, di mana tempat bunga Rafflesia ini tumbuh dan mekar, merupakan kawasan yang dilindungi.

Lokasi ini ujar Khairi, sangat unik karena banyak ditumbuhi oleh bunga Rafflesia yang sangat langka. Untuk itu, pihaknya mendatangkan peneliti khusus soal bunga rafflesia ini. Dan, nantinya akan dipetakan seperti apa pola perkembangan bunga Rafflesia di kawasan Cagar Alam Maninjau ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya