Setelah Gempa, Jangan Buru-buru Masuk Rumah, Periksa Ini

Dampak gempa bumi di Tasikmalaya
Sumber :
  • Antara Foto/Adeng Bustomi/foc/17

VIVA – Saat gempa terjadi, umumnya orang akan segera menuju luar ruangan. Itu adalah tindakan yang tepat. Asalkan posisi Anda jauh dari gedung yang tinggi, pohon, atau tiang listrik. Kemudian setelah gempa reda, Anda bisa bernapas lega. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Seperti diterangkan di laman BMKG, berikut ini.

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Jika Anda berada di dalam bangunan
Apabila saat gempa terjadi Anda berada di dalam ruangan, begitu gempa bumi berhenti, segeralah keluar dengan tertib. Hindari menggunakan lift atau tangga berjalan. Tapi lewatlah tangga biasa. Setelah di luar, periksa diri Anda terlebih dahulu, untuk memastikan ada atau tidaknya luka. Baru kemudian, memeriksa kondisi orang-orang di sekitar. Telepon atau mintalah pertolongan jika ada yang terluka parah.

Periksa lingkungan sekitar
Cek lingkungan sekitar untuk memastikan apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, atau hubungan arus pendek listrik (konslet). Jangan lupa juga untuk memeriksa aliran dan pipa air.

Gempa Sukabumi, 14 Rumah dan 2 Sekolah Rusak

Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa
Jika bangunan rumah Anda runtuh, hindari memasukinya beberapa saat setelah kejadian. Kemungkinan masih akan ada lagi bagian yang jatuh, atau bisa juga gempa susulan.  

Mencari atau mendengarkan informasi
Jika jaringan internet tidak terganggu pascagempa, Anda dapat segera mencari informasi terkait pada sumber terpercaya, seperti laman BMKG, portal berita, atau situs yang berhubungan. Jangan mudah terpancing oleh isu atau kabar dari sumber yang tidak kredibel. Anda juga bisa mengunduh aplikasi BMKG secara gratis.

Dipicu Benioff, Guncangan Gempa Sukabumi Terasa hingga Jakarta dan Lampung

Mengisi angket dari petugas terkait

Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi

Ilustrasi - Seismograf mencatat getaran gempa.

Sukabumi Diguncang Gempa, Getaran Terasa Sampai Depok dan Bogor

Laporan BMKG, gempa berkekuatan magnitudo 4,7, mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis pagi, 14 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
14 Desember 2023