Empat Menu Kaya Serat Solusi Susah Buang Air Besar

Susu Kacang Almond
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Apakah Anda pernah buang air besar (BAB) tidak lancar? Biasanya kebanyakan orang akan menyarankan Anda untuk makan pepaya. Yap, benar. Pepaya memang memiliki khasiat untuk mempermudah pembuangan sisa-sisa makanan dalam perut. Tapi pepaya bukan satu-satunya, lho.

Sembelit Tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebab dan 5 Cara Mengatasinya

Selain konsumsi air yang cukup, konsumsi makanan kaya serat juga akan membantu. Begitu yang dijelaskan oleh Jordan Karlitz, M.D, profesor di Tulane University School of Medicine.

"Kuncinya adalah serat yang cukup dalam diet Anda," kata dia. Apa saja makanan yang kira-kira membantu Anda memperlancar BAB? Berikut di antaranya dilansir dari laman Greatist.

5 Cara Mudah Mengatasi Sembelit yang Menghambat Aktivitas

Oatmeal
Makanan ini mengandung serat larut yang dapat mengurangi masalah pencernaan dan baik untuk kesehatan jantung. Anda bisa konsumsi oatmeal dengan buah berry agar memberikan sensasi rasa lebih lezat.

Stroberi dan pisang
Buah ini mengandung serat yang tinggi, terutama pada bagian biji. Tak hanya stroberi, pisang pun demikian. Yuk, cemil dua buah ini di pagi hari demi perut yang lebih plong.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri, Bisa Jadi Radang Usus hingga Batu Ginjal

Almond
Kacang mengandung lemak yang baik untuk jantung dan segudang nutrisi penting bagi tubuh. Almond juga salah satu jenis kacang dengan kadar serat tinggi, lho.

Yogurt
Jika memiliki masalah konstipasi, yogurt bisa jadi solusi. Bakteri lactobacillus dalam yogurt dapat membantu memperlancar pencernaan. Anda bisa nikmati yogurt dengan stroberi dan kacang almond sekaligus.

Mpok Atiek.

Mpok Atiek Idap Penyakit Tumor Usus, Simak Ini Gejala dan Penyebab yang Bisa Dirasakan

Siapa yang menyangka jika sosok pelawak berusia 67 tahun tersebut umumkan bahwa dirinya mengidap penyakit tumor usus. Berikut ini gejala dan penyebab yang perlu diketahui

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024