5 Cara Manfaatkan Ruang Kosong dalam Rumah

Manfaatkan dinding rumah menjadi tempat belajar Anda
Sumber :
  • Bobby Berk Home

VIVA – Setiap rumah memiliki bagian kecil tersendiri yang terkadang membuat bingung mau digunakan sebagai apa pada sisi tersebut. Salah satu yang paling umum adalah bagian bawah tangga atau bagian bawah tempat tidur Anda.

Lima Konsep Dekorasi Rumah yang Sedang Tren

Bagian-bagian kecil tersebut sebenarnya dapat digunakan sebagai suatu tempat yang berharga dengan sedikit sentuhan saja. Ada beberapa solusi penyimpanan cerdas yang dapat membantu Anda maksimalkan setiap persegi di ruang rumah Anda, seperti dilansir dari Country Living, Kamis 21 Desember 2017.

1. Menata secara vertikal 

Tanpa Renov Mahal, 6 Trik Jadikan Rumah Tampil Beda

vertikal

Bagi Anda pecinta buku, salah satu yang Anda butuhkan adalah sebuah tempat untuk menyimpan semua buku-buku koleksi Anda. Terkadang sebuah meja dengan banyak laci di dalamnya tidak lah cukup untuk menyimpan seluruh koleksi buku Anda. 

Cantik, Satu Isi Rumah Ini Terbuat dari Sampah Daur Ulang

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menyusunnya ke atas. Layaknya sebuah ruang perpustakaan, gunakan beberapa rak dan susun lah secara vertikal. Anda dapat menggunakan tangga geser untuk meraih buku-buku yang terletak di tempat tinggi.

2. Gunakan area bawah tangga

area bawah

Area bawah tangga sering sekali terlupakan fungsinya. Padahal area bawah tangga merupakan area yang dapat dimaksimalkan dengan baik, seperti menggunakannya sebagai gudang kecil. Atau membuat beberapa laci sebagai tempat penyimpanan barang-barang Anda.

3. Gunakan furnitur multifungsi

furnitur

Sama halnya dengan ruang bawah tangga. Ruang bawah tempat tidur ini juga sering dilupakan fungsinya, ruang tersebut sebenarnya dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan Anda, bahkan sebagai pengganti lemari pakaian. Jika Anda tidak ingin kamar terkesan berantakan, karena banyak barang yang menumpuk di bawah tempat tidur, Anda dapat membeli tempat tidur yang memiliki beberapa laci atau rak, yang dapat menyimpan perlengkapan Anda.

4. Gunakan sudut lorong

sudut lorong

Sudut lorong yang sempit jangan dibiarkan kosong. Tempat tersebut dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan dengan sedikit sentuhan. Seperti menggunakan meja antik, dengan rak dan laci untuk menyimpan beberapa perlengkapan Anda. Jika Anda memiliki koleksi koper antik, kenapa tidak menyusunnya di tepi lorong Anda sehingga lorong rumah akan terlihat lebih cantik dan unik.

5. Menjadikan dinding sebagai tempat belajar

tempat belajar

Untuk hunian dengan luas kecil, memanfaatkan ruang pada dinding merupakan solusi yang cerdas, karena akan menghemat ruang Anda, dan membuat ruangan tidak tampak terlihat penuh. Salah satu ide yang dapat Anda terapkan di rumah adalah membuat pojok belajar di dinding. 

Anda bisa memasang rak buku gantung di dinding, yang bukan hanya berfungsi sebagai penyimpanan buku-buku, namun juga sebagai meja belajar, sungguh unik bukan? 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya