VIVALIFE

Ingin Pinggang Ramping

Olahraga apa yanng efektif mengecilkan ukuran pinggang?
Kamis, 22 Oktober 2009
Oleh : Petti Lubis
Olahraga lari

Tanya:
Saya memiliki tubuh yang tidak proporsional, yaitu bagian atas (pinggang ke atas) lebih pendek dibandingkan bagian bawah (pinggang ke bawah). (tinggi: 157cm, berat: 50 kg). Saya ingin sekali memiliki pinggang ramping.

Karena itu, untuk mengecilkan ukuran pinggang, saya melakukan sit up dan melakukan gerakan menggunakan trimmer. Kedua latihan ini menyebabkan ulu hati dan pinggang sebelah kanan menjadi sakit, sehingga saya tidak terlalu bersemangat melakukannya. Tiga tahun belakangan ini, saya juga rutin berenang, meski hanya sekali seminggu. Apakah berenang dapat mengecilkan pinggang? Apakah latihan atau olahraga lain yang lebih efektif?

gxx@yahoo.com

Jawab :
Sebenarnya, dalam melakukan olahraga, tidak mungkin hanya dapat mengecilkan salah satu bagian tubuh. Yang dapat dilakukan adalah mengecilkan seluruh bagian tubuhnya. Jadi, kalau ingin pinggang Anda ramping, sebaiknya berusahalah untuk mengurangi lemak badan. Berenang tidak banyak bermanfaat untuk menurunkan berat badan, demikian juga dengan alat bantu trimmer.

Jadi, disarankan agar Anda melakukan latihan jalan kaki secara teratur. Lakukanlah, jalan kaki 4 kali seminggu, masing-masing 2 km selama 60 menit. Jika terbiasa, perlu ditingkatkan jarak dan kecepatannya.

Jarak paling baik adalah 5,8 km, ditempuh dalam waktu 60 menit. Berlatihlah 4-5 kali per minggu. Renang boleh saja dilakukan sebagai latihan tambahan. Sebaiknya jangan melakukan latihan berturut-turut, atur waktu Anda agar dapat beristirahat selama 1-2 hari.

Konsultan: Rury Indah (ahli gizi)

TERKAIT
TERPOPULER