Cermat Pilih Produk Perawatan Kulit Anak

VIVAnews - Saat ini banyak bermunculan produk perawatan kulit, parfum dan kosmetik yang bisa dipakai oleh ibu dan anak. Amankah produk tersebut bagi si kecil?

Ketika memilih produk yang aman untuk anak dan balita, pilih yang masuk dalam kategori kosmetik. Untuk anak usia di atas 2 tahun, semua jenis kosmetik umumnya relatif aman digunakan, karena tidak mengubah fungsi kulit.

Tapi, yang perlu dicermati, memilih produk untuk bayi, perlu lebih berhati-hati. Begitu bayi lahir,struktur kulitnya sebenarnya sudah sama dengan orang dewasa. Tapi,fungsinya belum matang dan sempurna, dan baru sama dengan kulit orang dewasa setelah si bayi menginjak usia 2 tahun. Kulit bayi ketika berusia 0 - 2 tahun cenderung lebih tipis.

Pada bayi, karena kulitnya lebih tipis, maka fungsi absorbsinya lebih besar. Terutama pada area lipatan, seperti lipatan siku, lutut, ketiak, dan mata serta bibir. Yang perlu diperhatikan adalah tidak mengoleskan produk yang mengandung alkohol (methanol,
etanol, isopropil alcohol )pada bagian-bagian lipatan tersebut. Alkohol bersifat mengeringkan sehingga mudah menimbulkan iritasi.

selain itu, amati apakah anak Anda memiliki kondisi khusus, seperti kulit terlalu kering sejak lahir atau eksem susu (biasanya timbul di area pipi dengan warna kemerahan). Gejala ini sudah dapat muncul ketika bayi berusia 2 bulan. Walaupun hanya timbul di wajah, secara keseluruhan ini mengindikasikan kulit lebih kering dan sensitif.

Sebaiknya Anda tidak mengoleskan produk yang mengandung bahan pewangi dan pengawet ke kulit bayi Anda. Tapi, ini tidak berarti semua bahan pewangi dan pengawet perlu dihindari, karena tingkat sensitivitas dari masing-masing anak pun berbeda-beda. (Konsultasikan dengan dokter Anda).

Beredar Kaos Kaki dengan Lafaz Allah, Polisi Malaysia Lakukan Penyelidikan
Launching Penukaran Uang Tunai di Kantor Perwakilan BI Banten. (Dokumentasi BI Banten).

Lebaran Idul Fitri 2024, Bank Indonesia Siapkan Rp4,57 Triliun Uang Tunai di Banten

Idul Fitri 2024, Bank Indonesia Siapkan Rp4,57 Triliun Uang Tunai di Banten

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024