Mereka Mendapat Hidayah

Laudya Cynthia Bella
Sumber :
  • dokumen pribadi

VIVA.co.id - Hidayah itu datang. Mereka pun berhijrah, menanggalkan keseksian dan hedonisme duniawi, menutup tubuh sesuai syariah Islam dari ujung kaki hingga ujung rambut.

Hijrah di kalangan selebritas tanah air tentu tidak terjadi begitu saja. Mereka melalui proses panjang. Bagaimana mempersiapkan diri meninggalkan glamor dunia hiburan, hingga ketakutan menjauhnya rezeki karena sepinya tawaran manggung atau bermain sinetron.

Namun saat keputusan itu dilaksanakan dan dijalani, di luar dugaan, mereka mengaku mendapat kenikmatan luar biasa. Siapa saja mereka? Bagaimana para pesohor ini menanggapi tudingan miring setelah berhijab?

Terry Putri


Artis dan presenter cantik, Terry Putri, merasa bersyukur dengan perubahan diri yang dialaminya pasca berhijab. Apalagi tidak sedikit pujian datang dari para penggemarnya. Artis yang tahun ini menginjak usia 35 tahun itu terlihat lebih cantik. "Alhamdulillah bahagia kalau dibilang begitu," ujar Terry kepada VIVA.co.id.

Namun jalan berhijrah tidak selalu mulus. Terry mengaku tidak sedikit pula yang kontra paska ia memutuskan menutup aurat. Kritik muncul mulai dari dunia maya hingga dunia nyata. Menudingnya sekadar ikut tren. Pun mempertanyakan kesungguhannya berhijab.

Bagi Terry memutuskan berhijab bukanlah hal mudah. Tentu saja ada kekhawatiran job berkurang dan pertimbangan lainnya. Karenanya sebelum ia betul-betul berhijab, ia melatih diri mengenakan kerudung. Ini dilakukannya sejak Desember 2014. Ia baru betul-betul mengenakan hijab lima bulan kemudian, persisnya Mei 2015. "Alhamdulillah, memang sempat ada kekhawatiran. Tetapi kita harus betul-betul 'nyebur', dan ternyata nikmat luar biasa," kata Terry.

Terry Putri

Selama lima bulan menjalani masa transisi itu, Terry berusaha membenahi pikiran, hati dan perilakunya. "Aku percaya Allah SWT cinta proses, akhirnya Mei aku mantab berhijab," tuturnya.

Terry menepis keputusannya berhijab atas dasar masalah yang tengah membelitnya paska bercerai dari Rully Johan. Bukan pula tekanan guru spritualnya. Keinginan berhijab murni dari dalam hatinya sebagai muslim dan semata-mata karena Tuhannya. Ia pun merasa tidak perlu membuktikan apa-apa kepada para pengkritiknya.

Dan, semua itu membuatnya damai. Perilakunya pun berubah drastis. Pakaian dan tutur kata kini lebih terjaga. "Aku tentu saja tetap harus istiqomah," ujarnya.

Pakaian tertutup diyakininya tidak akan mengurangi atau menghalangi rezeki apapun yang dilimpahkan Allah SWT, termasuk pendamping hidup. Bintang film 'Jangan Menangis Sinar' ini  yakin rezeki dan jodoh akan datang dengan sendirinya.

"Aku berpikir ini (hijab) yang menyelamatkan aku dari hubungan-hubungan selama ini. Aku merasa akan terseleksi dengan sendirinya. Kalau ada yang mendekati aku ya karena Allah. Aku yakin ketetapan Allah enggak ada yang buruk," ujarnya.

Karena itu ia juga tidak menyesali pembatalan sejumlah kontrak kerja paska berhijab. Sedikitnya ada tiga kontrak kerja yang dibatalkan. "Masalah rezeki mah aku percaya, kalau kita yakin sama Tuhan, pasti tenang," ujarnya pasti.

Selanjutnya... Taubatnya Si Seksi Andhara Early

Andhara Early

Andhara sempat menyedot perhatian publik lima tahun lalu. Ia kerap dikaitkan dengan sejumlah pria. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sudah setahun belakangan ini artis cantik itu berhijab.

Sempat dicap sebagai artis dan model panas, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Kamis 2 Juli 2015, Andhara mengaku telah bertaubat. Artis 35 tahun itu ingin menunjukkan dirinya yang 'baru'.

"Porno itu bagaimana pikiran kita saja, ngapain dibahas yang sudah-sudah. Aku di situ hanya bekerja dan bekerja sebagai model seprofesional mungkin," ujarnya.

Bagi ibu satu anak ini, kesempatan berubah bagi setiap orang adalah hak pribadi. Andhara pun tidak takut jika rezekinya di dunia hiburan tak seperti dahulu lagi.

"Kemarin-kemarin aku dikenal sebagai pekerja di televisi. Tapi sebenarnya aku bekerja seprofesional mungkin. Yang berhak menghakimi manusia hanya Sang Pencipta," ujar Andhara.

Soal hijabnya ini, Andhara mengaku tidak dipengaruhi siapapun. Selama setahun ini, Andhara mengaku terus belajar, dan terus berproses hingga kini. "Tiba-tiba bangun tidur suatu hari langsung ingin pakai jilbab. Mungkin kalau orang bilang itu panggilan, ya mungkin itu. Aku enggak ikut pengajian, baca-baca juga enggak," ucapnya.

Awalnya Andhara menggunakan syal untuk belajar berhijab. Sebab setelah ia membongkar isi lemari pakaiannya, tak ada satu pun hijab yang tersimpan.

"Pada saat mau pakai (hijab), aku bongkar-bongkar lemari. Akhirnya dipakailah syal, aku untel-untel di kepala," ujar Andhara.

Kebahagian tak terkira menyergapnya saat anak semata wayangnya, Maghali Inala Netar, mendukung keputusannya menutup aurat. "Dia pertama bilang buka saja hijabnya pasti panas. Tapi ternyata dia cerita ke gurunya kalau ibunya pakai hijab. Dari situ aku langsung mantap berhijab. Dan Alhamdulillah sampai saat ini seluruh orang terdekatku dukung," ucapnya.

Laudya Chynthia Bella

Film berbau religi yang pernah dibintanginya ternyata menjadi salah satu yang mempengaruhi si cantik Laudya Chynthia Bella berhijab. Adalah film 'Assalamu'alaikum Beijing'.

Kepada VIVA.co.id, mantan kekasih Raffi Ahmad ini menuturkan, saat berlaga di film itu ia berpikir keras bahwa sudah waktunya ia berhijab, menjalankan sunah. Lama ia berpikir memutuskan meninggalkan pakaian-pakaian seksinya.

"Ini keputusan yang sangat besar dan luar biasa. Bukan sehari dua hari, tiba-tiba kok merasa nyaman banget," kata Laudya.

Laudya Chyntia Bella

Untuk memantapkan niatnya, Laudya pun memutuskan berumrah. Pulang umrah, ia semakin mantab mengenakan hijab. "Aku tak peduli orang mau bilang apa. Aku merasa Allah baik sama aku, semua yang aku minta dipenuhi. Aku bersyukur banget, dan merasa sudah waktunya aku berhijrah," kata Laudya.

Paska berhijab Laudya mengaku lebih tenang, aman dan menikmati hidup. Tidak ada lagi kekhawatiran yang mendera, termasuk soal rezeki. "Lillahi ta'ala saja," ujarnya.

Ia yakin rezeki akan mengalir karena Allah tidak akan menukar rezeki umatnya. Karenanya, ia tidak segan-segan menolak tawaran yang jauh dari prinsip hidupnya saat ini. "Kalau aku harus menanggalkan hijab lebih baik tidak usah. Bukan nolak rezeki, insha Allah ada rezeki lain. Mungkin bukan di dunia entertain, bisa juga di bisnis dan lainnya," kata dia.

Ucapan Laudya terbukti. Meski berhijab, tawaran tak pernah surut. Bahkan baru-baru ini ia menjadi bintang iklan sebuah produk kecantikan.

Dan, yang membuatnya makin bahagia lagi paska berhijab adalah dukungan keluarga besar.  Keluarga aku support. Alhamdulillah support untuk menuju hal yang lebih baik, kenapa enggak. Mama papa aku baik, niat kita baik, tujuan baik, Insya Allah semuanya baik," ujar Laudya.

Selanjutnya... Terry Shahab


Terry Syahab

Penyanyi ini aslinya bernama Terryana Fatiah. Wanita yang terkenal melalui lagu 'Janji Manismu' ini memutuskan berhijab sejak Maret 2015 lalu.

Keinginan Terry berhijab sebetulnya telah muncul sejak satu tahun yang lalu. Kala itu ia tengah menatap foto-foto seksinya di sebuah majalah. Tak terasa air matanya menetes. Ia merasa tertampar dan malu.

Sampai pada waktunya, Terry terpikir untuk mencari jilbab mencoba menutup rambut dan kepalanya. Dan setelah melalui pergulatan batin yang panjang, pelantun 'Nawaitu' itu baru yakin akan keputusannya tiga bulan lalu.

Diakuinya, salah satu kontrak ekslusif dengan label ternama sempat membuat niatnya berhijab maju mundur. Saat itu ia berusaha bertanya pada diri sendiri tujuannya berhijab.

Vino G Bastian Jadi Suami Laudya Cynthia Bella di Film Ini

"Pertimbangan harus kukuhkan dulu, nggak mau tiba-tiba, harus dengan proses. Bukan hanya karena Ramadhan terus ingin pakai hijab," katanya.

Terry pun yakin rezeki sudah ada yang mengatur. Bukannya jauh rezeki, sejak berhijab job justru berdatangan.

Kini ia berencana pergi ke tanah suci. Dia ingin lebih mendekatkan diri pada Tuhannya pasca berhijab. "Ya pastinya ingin sekali ke sana sama orangtua. Tentu setelah semua job bisa aku selesaikan bulan-bulan ini," ucapnya. (umi)

Laudya Cynthia Bella

Laudya Chintya Bella Menangis saat Syuting di NTT

Dia merasa sulit menjalani hidup di daerah terpencil.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2016