Lima Negara Meriahkan Festival Rapa'i Internasional di Aceh

Tarian Thailand di Festival Rapa’i Internasional di Aceh.
Sumber :

VIVA.co.id – Lima negara ikut memeriahkan Festival Rapa’i Internasional 2016 yang digelar di Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam. Festival ini digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Kelima negara itu, yakni China, Thailand, Malaysia, Iran, dan Jepang. Mereka diundang oleh Pemerintah Aceh untuk menampilkan tarian budaya asal negara masing-masing.

Tarian itu dikolaborasi dengan suara rapa’i. Rapa’i merupakan salah satu alat musik perkusi tradisional Aceh yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan. Rapa’i sering dimainkan pada acara-acara adat, seperti upacara perkawinan maupun hari peringatan keagamaan.   

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

“Kita pilih rapa'i karena salah satu alat perkusi Aceh ada di seluruh kabupaten/kota di Aceh, rapa’i memiliki hubungan dengan alat-alat perkusi yang ada di daerah lain, baik nasional maupun internasional. Ini menjadi penghubung, perekat Aceh dengan komunitas-komunitas yang ada di luar Aceh,” kata Reza Pahlevi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh.

Selain itu, festival rapa’i ini juga dimeriahkan oleh kesenian perkusi dari beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur. 

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024