Efek Rokok untuk Kulit dan Rambut

Ilustrasi bungkus rokok
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Ini Penyebab Rokok Elektrik Makin Digemari Remaja
- Merokok mungkin bagi sebagian orang bisa membuat mereka merasa tenang dan relaks. Namun di luar hal itu, banyak dampak buruk yang bisa membahayakan kesehatan akibat rokok. Efek buruk dari merokok salah satunya bisa mempercepat proses penuaan. Bahkan perlu Anda tahu, merokok mempengaruhi penampilan tubuh secara internal maupun eksternal.

Kemenperin Diminta Revisi Road Map Industri Rokok

Konsultan SeniorDermatology, Dr. Nipun Jain dan Sri Balaji dari Action Medical Institute menyoroti bagaimana merokok mempengaruhi penampilan Anda. Mereka pun menjelaskan lebih jauh, bagaimana, rokok bisa merusak rambut dan kulit.
Bonus Demografi Indonesia Terancam Bahaya Rokok


"Merokok merusak rambut dan kulit, membuat Anda terlihat jauh lebih tua. Merokok bisa menghilangkan nutrisi penting untuk kulit. Bahkan merokok bisa mencegah oksigen masuk ke kulit," kata dokter kulit tersebut seperti dilansir Times of India.


Nikotin dan bahan kimia lainnya, kata Nipun bisa memblokir masuknya nutrisi penting untuk tubuh ke arteri. Akibatnya, bisa dengan mudah menimbulkan kulit kendur dan keriput.


"Bahan kimia yang dilepaskan dari asap tembakau memicu perusakan kolagen dan elastin. Hal ini menyebabkan kulit kendur dan keriput," kata Nipun.


Efek lainnya bisa menyebabkan timbulnya garis halus di sekitar bibir. "Saat merokok, otot-otot tertentu di sekitar bibir digunakan sehingga menyebabkan timbulnya keriput karena hilangnya elastisitas."


Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa perokok lebih rentan terhadap bintik-bintik penuaan.  Bintik-bintik ini seperti bercak yang membuat warna kulit lebih gelap. Umumnya timbul di bagian wajah dan tangan.


Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan warna kulit kusam. Tak hanya itu, warna kuku juga bisa berubah termasuk merusak warna putih cemerlang gigi.


"Yang penting lagi, merokok mempercepat proses penipisan rambut pada pria dan wanita. Merokok menyumbat arteri yang mengurangi pasokan nutrisi bagi tubuh, juga memblok nutrisi ke kepala."


Asap rokok, juga akan dengan cepat menimbulkan keriput di area mata. Bahkan terkadang, asap yang berasal dari pembakaran rokok bisa menyipitkan mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya