Lima Efek Samping Pil Kontrasepsi atas Kecantikan

Sumber :
  • Freestockphotos
VIVA.co.id
Daun Cabai Mampu Atasi Masalah Kulit
- Penggunaan pil kontrasepsi telah menjadi sangat umum saat ini. Mayoritas wanita mengambil pil KB untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan. 

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Tanpa disadari pil ini ternyata memiliki efek samping khususnya untuk kecantikan, seperti dapat menimbulkan jerawat. Namun terlepas dari itu, tetap kembali pada hormonal setiap individu wanita. Berikut ini beberapa efek samping dari pil kontrasepsi atas kecantikan dilansir Boldsky.

Suka Dandan Menyeramkan, Wanita Ini Dianggap Aneh
Pigmentasi kulit dan bintik cokelat

Studi menyatakan bahwa wanita yang menggunakan pil kontrasepsi mungkin akan mengalami beberapa bercak coklat di bagian bibir bagian atas mereka. Kadang-kadang, bintik ini bahkan dapat muncul di pipi. 

Jika Anda mengalami pigmentasi pada kulit Anda, segera konsultasikan dengan dokter Anda, sehingga dapat mengubah dosis pil atau menyarankan jenis lain dari metode pengendalian kehamilan.

Sensitivitas terhadap matahari

Pil KB dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari. Akibatnya, kulit akan mengalami perubahan warna pada bagian terbuka dari tubuh Anda. Kondisi ini juga dikenal sebagai melasma. Melasma ditandai dengan bercak-bercak hitam pada hidung, dahi, pipi bagian atas, bibir dan daerah bibir atas.

Bintik-bintik

Anda mungkin tahu bagaimana pil kontrasepsi merusak kecantikan Anda. Percaya atau tidak, jika Anda melihat beberapa bintik-bintik coklat di pipi bagian atas setelah menggunakan pil KB, Anda harus memeriksa ini segera ke dokter. Bintik-bintik ini bisa secara bertahap lebih banyak dan membuat wajah Anda terlihat gelap.

Berat badan

Kelemahan lain dari pil kontrasepsi adalah berat badan, yang mungkin dapat merusak kecantikan Anda. Menurut penelitian, penggunaan jangka panjang pada pil kontrasepsi akan membuat pinggul dan payudara lebih besar. Sehingga hasilnya berat badan Anda akan meningkat secara keseluruhan.

Mata dan kulit kuning

Jika Anda melihat mata atau kulit berubah warna menjadi kuning, itu bisa menjadi tanda yang mengkhawatirkan, karena ini mungkin efek samping yang serius dari pil KB. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya