Rambut Delapan 'Rapunzel' Asal China Ini Sepanjang 3,5 Meter

rapunzel asal China
Sumber :
  • CEN

VIVA.co.id – Beberapa wanita di sejumlah negara di dunia masih menganggap bahwa rambut adalah simbol kecantikan. Karena itu, mereka tidak memangkas rambutnya selama bertahun-tahun.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Misalnya, dikutip dari Daily Mail, delapan wanita asal China tidak memotong rambutnya selama lebih dari 20 tahun. Saat ini, panjang rambut wanita tersebut sudah mencapai 3,5 meter. Para wanita tersebut berasal dari Beijing, Shandong, Hubei, Guangxi, Shanxi, Henan, dan Jilin. Mereka semua mengakui bahwa memanjangkan rambut tidak mudah dan mengalami banyak kerumitan.

Meski demikian, mereka mengaku bahwa tujuannya mamanjangkan rambut adalah untuk mempromosikan keindahan trandisional kepada dunia. Menumbuhkan rambut hingga sangat panjang merupakan tradisi kuno di beberapa etnis minoritas di negera Tirai Bambu tersebut, di antaranya masyarakat Yao dari Desa Huangluo Yao.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Beberapa etnis meyakini rambut hitam dan panjang menjadi tanda kesehatan dan kesejahteraan. Wanita di suku-suku tersebut hanya mencuci rambutnya sekali dalam sebulan. Sementara wanita suku Yao memang terkenal dengan rambut panjangnya di dunia. Mereka hanya memotong rambut pada usia 16 tahun, ketika siap menikah. Akibatnya, wanita suku ini memiliki rambut dengan panjang rata-rata 2,3 meter.

Dan delapan wanita berambut sangat panjang hingga 3,5 meter tersebut turun ke jalanan di China untuk membantu memberi kesadaran tentang bahayanya HIV. Grup wanita berambut panjang itu telah mengunjungi Jining, Provinsi Shandong, China Timur.

Penjual Kopi Temukan Jasad Wanita Tanpa Kepala di Tangerang

AIDS adalah topik yang kontroversial di China, di mana penderitanya dijauhi oleh komunitas mereka, bahkan keluarganya. Mereka sangat takut terinfeksi jika berada didekat penderita. Fenomena ini terjadi karena kurangnya pengetahuan dan pemahan tentang penyakit ini, terutama bagaimana cara terinfeksi dan penyebarannya.

(mus)

Tradisi Unik Hari Paskah di Polandia

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

Sebagai cara untuk menunjukkan rasa syukur ada beberapa tradisi unik untuk merayakan Paskah. Seperti apa tradisi unik Hari Paskah yang dilakukan di berbagai negara?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024