Waspada, Kebiasaan Ini Penyebab Munculnya Jerawat

Ilustrasi jerawat
Sumber :
  • http://inwithskin.com

VIVA.co.id – Masalah jerawat bisa menimpa siapa saja. Tak hanya anak remaja, bahkan orang dewasa sekali pun juga bisa memiliki jerawat.

5 Kebiasaan yang Sering Kamu Lakukan Ini Ternyata Penyebab Jerawat

Saat remaja, kulit berminyak sering menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Ketika beranjak dewasa, kosmetik juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Berikut ini kebiasaan yang dapat menimbulkan jerawat, seperti dilansir dari Boldsky.

Tidak membersihkan rias wajah

Sentuh Wajah Bisa Picu Munculnya Jerawat?

Satu kesalahan terbesar yang dibuat wanita yang bisa menimbulkan jerawat adalah tidur tanpa membersihkan rias wajah. Jadi, selalu ingat untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur.

Membersihkan wajah terlalu sering

Pakai Highlighter Bisa Picu Timbulnya Jerawat?

Membersihkan wajah terlalu sering juga bisa meningkatkan kemungkinan wajah berjerawat. Apalagi ketika wajah sudah berjerawat, kebiasaan itu hanya akan memperburuk keadaan.

Ketika mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari, justru akan membuat kulit kering, dan ketika kulit kering, akan lebih banyak minyak yang dihasilkan, sehingga memicu munculnya jerawat lebih banyak.

Produk perawatan wajah harian

Jika memiliki wajah cenderung berjerawat, penggunaan tabir surya atau pelembap bisa menjadi alasan di balik timbulnya jerawat.

Bahan-bahan di dalamnya, seperti minyak mineral sangat berat dan bisa menyumbat pori, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Produk dengan kandungan bahan tertentu

Bahan-bahan seperti sulfur, asam salisilat, atau benzoil peroxida membuat kulit kering, yang bisa menjadi penyebab jerawat, dan juga membuat wajah berminyak.

Produk perawatan rambut

Selalu pastikan untuk mencuci wajah dan dada dengan benar, karena produk perawatan rambut terkadang mengandung silikon tinggi yang bisa menyumbat pori, dan menimbulkan jerawat di bagian dada, punggung atau garis rambut.

Produk antipenuan

Menggunakan produk antipenuan di usia dini dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sebab, produk antipenuaan banyak memiliki kandungan, yang jika digunakan sebelum waktunya justru bisa memicu masalah kulit.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya