Tujuh Penyebab Ketiak Menghitam

Ilustrasi Wanita
Sumber :
  • Pixabay/fancycrave1

VIVA.co.id – Masalah kulit menjadi salah satu penyebab berkurang kepercayaan diri seseorang. Apakah itu jerawat, bulu, pigmentasi, bintik hitam, dan lain-lain. Seseorang bisa merasa malu untuk bersosialisasi dan merasa minder.

8 Cara Memutihkan Ketiak, Nomor 7 Berani Coba?

Seringkali, kita bisa mengetahui apa penyebab masalah kulit dan melakukan perawatan yang tepat serta pencegahan untuk mengurangi masalah itu muncul lagi.

Namun, tanpa disadari kita sering melakukan kebiasaan yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kulit. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan masalah ketiak menghitam seperti dilansir laman Boldsky.

10 Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Alami, Murah dan Mudah

Bercukur

Jika Anda sering mencukur ketiak Anda, sekarang saatnya Anda menghentikan kebiasaan itu. Karena, mencukur bulu di ketiak akan mengiritasi kulit sensitif di ketiak Anda dan menyebabkan warnanya berubah.

Kebiasaan yang Membuat Ketiak Menjadi Hitam

Acanthosis Nigricans

Ini adalah kondisi yang terjadi pada mereka pengidap kelainan yang berkaitan dengan insulin seperti diabetes. Kondisi ini dapat menyebabkan ketiak mereka berubah lebih gelap dibanding warna kulit di bagian tubuh lain.

Ketidakseimbangan hormon

Orang yang mengalami ketidakseimbangan hormon dan kelainan yang berkaitan dengan hormon seperti hipotiroid, penyakit Addison, dan lain-lain, lebih rentan mengalami perubahan warna kulit di ketiak.

Kurang melakukan eksfoliasi

Karena sisa keringat yang menumpuk di kulit ketiak, banyak sel kulit mati yang tertinggal dan kotoran yang menumpuk di area tersebut. Melakukan eksfoliasi secara rutin pada kulit ketiak Anda dapat mencegah warnanya menjadi gelap.

Menggunakan deodoran

Penggunaan deodoran dan antiperspiran yang berlebihan, seringkali dapat membuat kulit di ketiak Anda mengalami reaksi yang tidak baik pada kandungan kimia yang ada di dalamnya. Hal itu bisa menyebabkan warna kulit menghitam.

Infeksi bakteri

Erythrasma merupakan infeksi bakteri yang menyerang kulit dan menyebabkan warnanya menjadi kecokelatan dan menghitam, kondisi ini sering kali terjadi pada kulit ketiak.

Sering melakukan waxing

Pada beberapa kasus, sering melakukan waxing untuk menghilangkan bulu di ketiak, dapat membuatnya kelihatan menghitam. Apalagi jika waxing dilakukan dengan cara yang tidak tepat atau jika bulu ketiak Anda ditarik secara paksa, hal ini dapat merusak sel kulit di area tersebut.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya