Cegah Rambut Beruban dengan Tujuh Bahan Alami Ini

Lidah buaya (aloe vera)
Sumber :
  • Pixabay/PollyDot

VIVA.co.id – Uban bisa muncul kapan saja tanpa mengenal jenis kelamin dan usia. Uban atau rambut berwarna putih keperak-perakan, jika muncul terlalu cepat bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dari umur aslinya. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Jangan Asal Cabut Uban, Ini 6 Bahaya yang Bisa Mengintai Anda

Meskipun uban adalah salah satu tanda penuaan, pertumbuhannya dapat dicegah dengan bahan alami. Ya, kemunculan uban yang prematur biasanya disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti gizi buruk, kurangnya perawatan rambut, stres, polusi dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mencegah timbulnya uban secara alami, tanaman herbal ini mungkin bisa membantu Anda, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Zaidul Akbar Berbagi Resep Alami Supaya Rambut Uban Hitam Kembali

Daun salam koja

Daun ini mengandung vitamin B yang dapat membantu mengembalikan warna alami rambut dan mempertahankannya lebih lama.

Terpopuler: Kisah Petugas Haji Melayani Tamu-tamu Allah, Pentingnya Pendidikan Seks Anak

Buah amla

Buah amla adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya uban. Buah ini kaya akan vitamin C dan antioksidan ini menstimulasi pertumbuhan sel rambut sehat.

Fenugreek

Layaknya buah amla, fenugreek atau kelabat juga kaya kandungan vitamin C, zat besi dan kalium yang menutrisi lapisan rambut dan menjadikan rambut lebih sehat.

Minyak almond

Selain baik untuk kulit, minyak almond ternyata juga baik untuk mencegah rambut rontok dan kerusakan rambut lain. Minyak ini sangat kaya akan vitamin E.

Teh hitam

Tak banyak yang tahu bahwa teh hitam ternyata juga bisa mencegah munculnya uban pada rambut. Teh hitam bahkan kaya akan antioksidan dan nutrisi. Teh satu ini akan menambah warna hitam alami pada helai rambut Anda.

Bawang merah

Jika Anda ingin menyingkirkan uban secara alami, Anda bisa mengaplikasikan sari bawang merah pada rambut sebelum keramas. Kandungan enzim dalam bawang merah akan mencegah timbulnya uban secara prematur.

Lidah buaya

Hampir semua produk kecantikan mengandalkan kebaikan lidah buaya termasuk mencegah timbulnya uban. Lidah buaya juga baik untuk menutrisi rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya