Yogyakarta Jadi Kota Batik Dunia, Ini Alasannya

Yogyakarta sebagai Kota Batik di Dunia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapat predikat sebagai kota batik dunia oleh World Craft Council. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi semangat bagi pengrajin batik di DIY untuk berkarya lebih baik lagi.

Merawat Kain Batik dengan Sampo Bayi

Predikat ini nantinya diharapkan bukan saja menjadi primadona di Indonesia, tapi juga di dunia internasional. Bukan tanpa alasan Yogyakarta menjadi kota batik dunia, sebab Yogyakarta dinilai memiliki kriteria keistimewaan yang mumpuni.

Kriteria tersebut adalah pertama, Yogyakarta memiliki nilai sejarah yang cukup dikenal di mana banyak peninggalan situs sejarah, salah satunya Candi Borobudur. Kedua, Yogyakarta tetap mempertahankan nilai keaslian meski sudah berkembangnya modernitas. Ketiga, nilai pelestarian yang dianggap bagian dari akar budayanya  masih dijaga dengan baik.

Cara Membuat Anak Muda Lebih Mencintai Batik

"Yogyakarta memiliki potensi yang cukup panjang untuk menjadi kota pusat batik dunia. Hal itu dilihat dari beberapa kriteria yang dimiliki, seperti salah satunya nilai sejarah," ujar Laretna T. Adishakti selaku Dewan Pakar Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad kepada VIVA.co.id saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober 2016.

Kriteria keempat, lebih lanjut Laretna menjelaskan, Yogyakarta memiliki nilai ekonomi yang mampu meningkatkan penghasilan negara lewat batik. Lalu yang kelima, Yogyakarta memiliki nilai ramah lingkungan karena setiap apapun yang dibuat selalu mudah diolah oleh para pengrajin sehingga tak meninggalkan banyak limbah.

Kiprah Obin Si Tukang Kain Perkenalkan Batik pada Dunia

Kemudian yang keenam Yogyakarta memiliki nilai global yang dapat memengaruhi suatu proses peradaban. Sementara yang terakhir yakni memiliki nilai keberlanjutan.

Istiqomah saat memperlihatkan hasil batiknya yang bermotif kota santri dan motif makanan khas Mojoangung. (FOTO: Moh Ramli/TIMES Indonesia)

Istiqomah Angkat Batik Jombang dengan Motif Kota Santri

Motif dari kota santri yang bergambar Tugu Ringin Contong.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2019