Ketahui Pemakaian Sunblock yang Bisa Memicu Jerawat

Ilustrasi sunblock.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selain kebersihan muka dan asupan makanan, pemakaian produk tertentu juga bisa memicu masalah kulit yang menjengkelkan ini.

Sering Dianggap Sama, Apa Bedanya Sunscreen dan Sunblock?

Dan salah satu produk yang bisa memicu munculnya jerawat adalah sunblock. Menurut ahli kulit dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, pemakaian sunblock biasanya hanya bertahan selama empat jam saja. Setelah itu, sunblock tidak lagi berfungsi, sehingga sisa sunblock yang tidak dibersihkan bisa membuat kulit lebih berminyak dan berisiko jerawat.

"Misalnya kita pakai pagi, jam 12.00 atau 13.00 itu sudah tidak ada fungsinya. Kalau pakai setiap hari, risiko jerawat. Makanya, siangnya usahakan cuci muka," ujarnya kepada VIVA.co.id.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa Anda juga harus rutin membersihkan muka pada pagi, siang dan malam. Malam sebelum tidur juga harus mencuci muka karena kalau tidak, akan mendorong munculnya jerawat akibat pori-pori tersumbat.

Tapi, perlu diingat juga untuk menggunakan produk pembersih wajah yang tidak mengandung scrub dengan bahan kuat. Sebab, penggunaan facial wash yang mengandung scrub, sebaiknya digunakan seminggu sekali. Jika terlalu sering bisa mengiritasi kulit.

"Tidak boleh terlalu sering menggunakan facial wash yang mengandung scrub," ujarnya. (mus)

Luna Maya

Viral Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Netizen: Make Up Suzana Belum Diapus?

Terlihat wajah Luna Maya lebih putih dibanding dengan leher dan lengannya. Warna putih ini diketahui adalah sunscreen yang dipakainya.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024