Di Negara Ini Anda Bisa ‘Naik’ Kereta Menuju Surga

Kereta ke Surga, monumen unik di Polandia
Sumber :
  • www.polskieradio.pl
VIVA.co.id -
Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara
Lazimnya, kereta berada di atas jalur rel yang sangat panjang. Menelurusi setiap jalan perkotaan hingga pedesaan, menghubungkan satu kota ke kota lain atau bahkan satu negara ke negara lain.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Namun, bagaimana bila kereta malah 'berdiri' di atas tanah dengan posisi menghadap ke atas?
Menelusuri Jalur Kereta Terpendek di Dunia


Si ular besi unik tersebut dinamakan Kereta ke Surga.


Namanya yang unik itu sekaligus menjadi landmark kota Wroclaw di Polandia.


Seperti dilansir
Amusing Planet,
monumen yang berada di Strzegomski Square Wroclaw ini didrikan pada 2010 oleh seniman setempat bernama Andrezej Jadorzki. Lokomotif tua tersebut ‘dihidupkan’ kembali sebagai monumen setelah tidur lama di museum. Adapun lokomotif berusia 65 tahun itu, memiliki berat 80 ton dan panjang 30 meter.


Andrzej Jarodzki, seorang seniman dari Wroclaw, menghadirkan ide unik tersebut saat bermain dengan kereta mainan milik putranya. Pada satu titik ia mengatur mainan tersebut berdiri tegak dan dari sanalah ide itu berasal.


Namun, Jarodzki baru dapat mewujudkan hal tersebut setelah berkolaborasi dengan Archicom, perusahaan pengembangan kota Wroclaw yang berniat menghadirkan memoar guna memeringati 20 tahun kiprahnya di kota tersebut.


Kini, di usianya yang kelima, Kereta ke Surga telah jadi landmark utama Wroclaw dan tentu saja, menjadi pencapaian seni terbaik dari Jarodzki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya