Pulau-pulau Perawan di Morowali

Kepulauan Sombori
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Tasya Paramitha

VIVA.co.id - Sulawesi terkenal dengan pulau dan pantainya yang indah. Beberapa pantai masih jarang dikunjungi wisatawan. Akses yang sulit menjadi alasan mengapa masih banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang belum mengenal keindahan bahari di kawasan ini.

FOTO: Kepulauan Sombori, Si Cantik Morowali

Keindahan pantai-pantai di kawasan ini sangat memukau. Salah satu yang akan mencuri hati para pecinta laut adalah pulau-pulau yang berada di Kabupaten Morowali, tepatnya di bagian selatan Teluk Tolo, Sulawesi Tengah.

Di antara dua wilayah kecamatan, yakni Bungku Selatan dan Menui Kepulauan, ada banyak pulau yang bisa Anda jelajahi. Pulai-pulau tersebut masuk ke dalam kawasan konservasi seluas 41.342 hektar dan sebagian besar belum terjamah tangan wisatawan alias masih perawan.

Mengintip 'Raja Ampat' di Tengah Selebes

Begitu luasnya kawasan ini hingga terdiri dari sejumlah pulau-pulau cantik nan eksotik yang wajib Anda singgahi. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak daftarnya berikut ini.

1. Kepulauan Sombori

Indahnya Pulau Sombori, Raja Ampat ala Morowali

Kepulauan Sombori terdiri dari deretan gugusan pulau-pulau cantik yang menyembul dari bawah air laut. Ukuran dan rupa pulau-pulaunya pun beragam. 

Perairan di sekitar pulau juga tak lagi berwarna biru tua, melainkan warna turquoise yang cantik. Air lautnya begitu jernih sampai-sampai dengan mata telanjang pun Anda bisa melihat pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan di bawah laut. Sungguh layaknya aquarium raksasa.

Keindahan alam dan bawah laut Kepulauan Sombori juga sering membuatnya disebut kombinasi dari Wakatobi, Raja Ampat dan Bunaken.

2. Pulau Dua Laut

Yang satu ini merupakan salah satu spot di kawasan Taman Wisata Perairan Sombori. Keindahan pasir putih selembut kristal di pulau ini benar-benar akan membuat siapapun berdecak kagum. Sedangkan 90 persen terumbu karang dan keindahan bawah lautnya belum tersentuh oleh tangan manusia. Karena ragam spesies bawah laut yang luar biasa, pulau ini harus Anda masukkan destinasi wajib di Nusantara untuk melakukan snorkeling maupun diving.

3. Pulau Kayangan

Tak salah jika pulau ini dinamakan Pulau Kayangan. Berada di sana akan membuat Anda merasa seperti di surga. Pantai dengan pasir putih yang indah dan didukung pemandangan alamnya yang menyegarkan mata dan pikiran. Pecinta snorkeling dan diving juga tak boleh melewatkan wisata ke pulau ini.

4. Pulau Koko

Meski tak begitu besar, Pulau Koko memiliki keunikan tersendiri dibanding pulau-pulau lain yang ada di Teluk Tolo. Ia memiliki dua pantai yang bersebelahan dan hanya dipisahkan oleh pasir putih yang cantik. Pantainya yang tenang dengan air berwarna gradasi biru juga memiliki keindahan bawah laut. Terumbu karang dan ikan-ikan kecil warna-warni akan menyambut Anda untuk masuk menjelajahi dunia bawah air.

Tak hanya pulau-pulau tadi, ada beberapa destinasi wisata lain di Morowali yang tak kalah menarik dan masih sangat jarang dikunjungi wisatawan. Salah satu yang patut Anda singgahi ialah Goa Berlian yang berlokasi di salah satu pulau di Teluk Tolo. Dinamakan Goa Berlian karena stalaktit-staklaktit di dalam gua yang berkilauan. Anda bisa masuk ke dalamnya untuk menjelajahi isi goa yang eksotik atau sekadar berfoto ria.

Ada pula Danau Air Asin yang tak kalah indah. Terletak diatas Gunung Sombori. Danau ini menyuguhkan pemandangan yang menawan di atas ketinggian.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya