Lima Kesalahan Saat Liburan ke Kebun Binatang

Dua jerapah dari Australia tiba di Kebun Binatang Ragunan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Pemerintah Didesak Stop Eksploitasi Satwa di Taman Safari
- Liburan adalah waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Menghilang sejenak dari rutinitas sehari-hari, melepas kepenatan dan siap untuk bersenang-senang, baik bersama orang terdekat, maupun sendiri sering dilakukan banyak orang di waktu luang.

Penjaga Kebun Binatang Wanita Tewas Diserang Harimau

Salah satu pilihan untuk melepas penat adalah pergi ke kebun binatang. Melihat atraksi aneka satwa di tempat itu, kadang membuat Anda dan keluarga merasa senang.
Menakjubkan, Kebun Binatang Melelang Lukisan dari Hewan


Namun, meski begitu, Anda perlu tahu, ada aturan penting yang harus dipatuhi saat berkunjung ke kebun binatang. Ini perlu diperhatikan demi keselamatan, karena sebagian pengunjung sering melakukan kesalahan dan kecerobohan saat bertemu binatang-binatang yang lucu dan jarang ditemui.

Berikut beberapa kesalahannya, dilansir dari
Foxnews:


Naik gajah


Gajah sering digunakan sebagai 'wahana' di banyak kebun binatang. Padahal sebenarnya, menaiki gajah bukan ide yang baik. Beban tubuh manusia yang duduk di punggung gajah bisa merusak kesehatan fisik dan psikologis mereka.


Proses agar gajah lebih menurut pun melalui proses pelatihan yang dipaksakan. Mereka diambil dari ibunya sejak bayi, lalu dirantai sehingga mereka hanya bisa bergerak ketika diperintahkan.


Selfie bersama harimau


Siapa yang tidak suka
selfie
? Ya, ini menjadi hal wajib yang dilakukan banyak orang ketika liburan. Padahal sebenarnya ini sangat mengganggu. Apalagi jika
selfie
bersama binatang buas seperti harimau. Jika keberuntungan sedang tak berpihak pada Anda, bisa juga, Anda menjadi mangsa si harimau.


Mengunjungi kandang beruang


Beruang ditempatkan di dalam kandang yang sudah sangat steril. Mereka tidak menyukai keramaian, terutama beruang soliter yang biasa hidup di alam liar. Sehingga bila terlalu ramai, dia bisa kembali liar dan mengamuk karena tidak nyaman. Untuk itu, jangan pernah sekali-sekali mencoba masuk ke kandang beruang saat ada di kebun binatang.


Memegang penyu


Menyenangkan bisa lebih dekat dengan penyu dan memegangnya. Tapi, hal itu bisa menyebabkan penyu stres, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kerentanan penyakit. Hampir 1.300 penyu tewas di peternakan karena terlalu sering dipegang dan terserang wabah infeksi clostridium.


Berenang bersama lumba-lumba

Sering melihat lumba-lumba di dalam kolam renang? Itu bukan hal yang menyenangkan bagi hewan mamalia tersebut. Sudah banyak negara yang melarang mengambil lumba-lumba untuk dibawa ke kolam. Ini karena saat proses pengangkutan dari laut ke kolam, mereka sering menderita. Dikejar oleh kapal dengan kecepatan tinggi, ditangkap di dalam jaring.


Mereka menghabiskan hidupnya di kolam renang, yang tentu bukan habitat aslinya, bisa membuat mereka stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya