Inovasi Wisata Baru Model Agrowisata di Banyumas

Tempat wisata alam di Banyumas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Beberapa kabupaten di Tanah Air khususnya di Pulau Jawa tengah gencar membangun sejumlah agrowisata. Anggota DPR RI, Budiman Sudjatmiko, pun mendorong pembangunan agrowisata di Desa Langgongsari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang kelak diberi nama Taman Mini Revolusi Mental.

DSA Mitra Organik Wujudkan Mimpi Petani Ekpor Sayuran Organik ke Eropa hingga Jepang

"Sebenarnya ini agrowisata merupakan hasil diskusi saya dengan Kepala Desa Langgongsari, Mas Rasim," katanya melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Selasa 25 April 2017.

Kegiatan yang bertajuk "Techno Village-Revolusi Teknologi dan Intelegensi dari Desa untuk Indonesia" itu diakui Budiman mampu menarik perhatian warga sekitar. Budiman menyebut agrowisata tersebut adalah inovasi.

Ini Jurus Kementan Wujudkan Regenerasi Pertanian

Karena ada inovasi tersebut, kata dia, pihaknya juga menyarankan agar Pemerintah Desa Langgongsari melalui BUMDes setempat untuk mulai berinvestasi dengan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh.

Dengan demikian, kata dia, sumber daya manusia di Desa Langgongsari dan desa-desa sekitar dapat mengelola uang dan berbisnis dengan cara yang cerdas.

Serunya Agrowisata Edukasi, Sensasi Liburan Sambil Belajar Budidaya Durian

"Oleh karena itu, sumber daya manusia Desa Langgongsari dan desa-desa sekitar harus dibina serta diperkenalkan dengan teknologi komputer, ‘e-commerce`, `e-government`, memperkenalkan kepada mereka bagaimana cara menjual produk-produk mereka maupun bagaimana cara membeli, dan memperkenalkan mereka dengan pengetahuan-pengetahuan untuk membuat aplikasi-aplikasi teknologi yang sederhana untuk memecahkan persoalan rakyat desa," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah VIII (Banyumas dan Cilacap) itu.

Nantinya, diutarakan Budiman, agrowisata tersebut akan berkonsep Taman Mini Revolusi Mental.

"Harapan saya, potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dikemas di situ (Taman Mini Revolusi Mental )," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya