Kirana Larasati

Kirana Larasati
Sumber :
  • twitpic.com/53716o

Nama Lengkap:  Kirana Larasati

Luna Maya

Tempat/ Tanggal Lahir: Jakarta, 29 Agustus 1987

Jenis kelamin: Wanita

Iwan Fals

Profesi:  Aktris/ Model Iklan

Twitter: @kiranalarasati

Ariel

Facebook: Kirana Larasati

PERJALANAN KARIER

Layaknya kebanyakan gadis remaja seumurannya, jejak karier Kirana Larasati yang lahir di Jakarta pada 29 Agustus ini juga bermula dari riuhnya panggung sinetron. Belasan sinetron pernah sukses dia bintangi sebelum akhirnya dunia layar lebar membuka jalannya untuk menjadi seorang aktris yang profesional.

Kirana sendiri memulai karier aktingnya lewat berbagai peran cameo di sejumlah sinetron, namun lewat sinetron “Azizah” yang tayang sepanjang tahun 2007, membuat namanya semakin melambung di jagat hiburan tanah air. Perannya sebagai karakter Azizah nyatanya mendongkrak rating sinetron ini menjadi nomor satu seperti survei yang dilakukan oleh riset AGB Nielsen pada medio 2008.

Menanggapi kariernya yang lumayan melejit. Satu ketika Kirana sempat mengatakan pada sebuah media online bahwa dia memulai semuanya dari nol dan tanpa koneksi siapa pun.

Keterlibatan Kirana Larasati dalam dunia seni peran boleh dibilang merupakan sebuah kejutan. Pada akhir tahun 2002 berkaitan dengan promosi film "Eiffel I'm in Love" yang diselenggarakan oleh radio Polaris, Kirana secara tak terduga memenangkan kuis makan malam dengan bintang utama dari film itu, Shandy Aulia dan Samuel Rizal. Dari situ Dewi Yulia Razif yang juga salah satu orang penting di rumah produksi Soraya Intercine Films lalu menawarinya untuk casting sebagai calon pemain sinetron di beberapa proyek sinetron produksi rumah produksi Soraya Intercine Films.

Kirana Larasati mencatat debut layar kaca dengan bermain dalam sinetron “Itu Kan Cinta” bersama dengan sederet bintang muda ketika itu: Sahrul Gunawan, Bertrand Antolin, dan Fera Feriska. Setelah itu banjir tawaran bermain sinetron segera menghampirinya, tercatat dia pernah ikut bermain dalam sederet produksi sinetron seperti; “Aku Bukan Untukmu”, “Benci Bilang Cinta”, “Kakak Iparku 17 Tahun”, “Pasangan Heboh”, serta “Habibi dan Habibah”.

Dunia film sendiri dirambahnya pada 2006 lewat sebuah peran kecil di film remaja bertitel “D'Girlz Begins”, namun lewat film “Claudia/Jasmine” yang digarap oleh sineas Awi Suryadi akhirnya Kirana mendapat applaus atas penampilannya yang memikat. Dalam film produksi Nation Pictures itu Kirana harus beradu akting dengan sejumlah nama tenar seperti Kinaryosih, Andhika Pratama serta Nino Fernandez. Genre horror juga pernah dijajaki Kirana saat dia turut berperan dalam horor “Gotcha”.

Prestasi lain yang dicatat Kirana Larasati adalah saat dia ikut bermain dalam proyek film anthologi nan ambisius “Perempuan Punya Cerita” pada tahun 2008. Dalam salah satu segmen di film produksi Kalyana Shira Films itu “Cerita dari Yogya”, Kirana yang kebagian peran sebagai seorang pelajar SMA bernama Safina harus beradu akting dengan aktor muda Fauzi Baadila untuk beberapa adegan yang cenderung vulgar.

“Saya menikmati bermain dalam film Perempuan Punya Cerita ini, mengeksplorasi sisi lain kehidupan perempuan Indonesia yang kelam dan selama ini masih tabu untuk kita bicarakan”, cetusnya dalam sebuah sesi wawancara dengan beberapa media saat film ini dirilis pada medio awal 2008.

Dalam urusan asmara, Kirana termasuk yang jarang terkena hembusan gosip tidak sedap. Namun cinta lokasi memang tidak terelakkan dalam kehidupan percintaan Kirana Larasati. Saat bermain dalam “Claudia/Jasmine” dia terlibat dalam cinta lokasi dengan sang sutradara Awi Suryadi, yang terpaut usia hingga 10 tahun. Hubungan ini tidak berlangsung lama, karena selepas itu dia terlihat menjalin hubungan dengan pesinetron Ditmar Hadi, keduanya bertemu saat syuting sinetron stripping “Cucu Menantu”. Hubungannya dengan Ditmar Hadi juga tidak berjalan lama.

Rencana untuk menikah muda rupanya terbersit di benak Kirana. "Tujuan aku ya memang kawin muda dan kalau ditunda-tunda nanti malah keburu ketuaan lagi. Kalau sudah ada duitnya baru aku mau dan kalau sudah yakin kenapa tidak," ungkapnya.

Sebagai model maupun aktris muda yang terbilang melejit kariernya, Kirana Larasati juga menjadi brand ambassador sejumlah produk kecantikan, permen, kamera, snack hingga provider selular. Prestasi yang ditorehkannya membuat sosoknya laris manis sebagai bintang iklan yang wara-wiri di depan televisi. Dari sini namanya mulai dikenal luas. Dalam tur promosi film yang kerap dilakukan di daerah, namanya sering diteriakkan oleh para penggemarnya.

Saat ini Kirana masih disibukkan dengan syuting sinetron "Kesetiaan Cinta". Perannya sebagai wanita penggoda dalam sinetron itu menurutnya adalah salah satu tantangan yang menarik selama dia berkarir di kancah hiburan tanah air.

Jalan panjang masih akan dilalui oleh Kirana Larasati dalam menapaki karir di dunia hiburan tanah air mengingat usianya yang masih sangat belia. Dalam sebuah sesi wawancara pada akhir tahun 2008, dia sempat mengungkapkan pilihan arah berkarier yang lebih menantang. Dia secara jujur mengatakan bahwa main film lebih menarik daripada menjadi pemain sinetron.

Kirana Larasati mengakui pernah memakai narkoba dan miras, tetapi sadar dan telah menghentikannya. Kini ia menjadi Duta Artis Pemberantas Narkoba.

FILMOGRAFI

2006    D'Girlz Begins
           Gotcha
2008    Perempuan Punya Cerita
           Claudia/Jasmine
2009    Saya Cinta, Bajingan
2011    Purple Love

SINETRON

2002            Tunjuk Satu Bintang
2003-2004    Senandung Masa Puber
2003-2005    Bidadari 3
                   Kawin Gantung
2003-2004    Hati Di Pucuk Sekali 1
2004            Itukan Cinta
2004-2005    Tangisan Anak Tiri
2004            Kehormatan 2
                   Hati Di Pucuk Sekali 2
2004-2006    Jangan Berhenti Mencintaiku
2005            Kala Cinta Menggoda
                   Sweet 17
                   Titipan Ilahi
                   Kurindu Jiwaku
2005-2006    Habibi dan Habibah
2006            Aku Bukan Untukmu
                   Benci Bilang Cinta
2007            Kakak Iparku 17 Tahun
                   Pasangan Heboh
                   Azizah
2008            Karissa
2008-2009    Cucu Menantu
2009            Cinta Bunga 2
                   Tangisan Issabela
                   Cinta Nia
                   Kesetiaan Cinta
2010            3 Sahabat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya