5 Gaya Unik Menikmati Mochi

yakimochi
Sumber :

VIVAlife – Mochi, makanan khas Jepang yang terbuat dari beras ketan ini sangat populer di Negeri Sakura, terutama saat tahun baru. Hampir semua penduduk Jepang menyediakan makanan ‘kenyal’ ini.

Selain di Jepang,  Indonesia juga memiliki mochi (moci) asli Sukabumi. Tak jauh beda dengan yang di Jepang, sama-sama terbuat dari tepung beras dan bertekstur kenyal. Hanya saja, mochi Sukabumi diberi isian kacang tanah dan ditaburi dengan bubuk tepung warna putih.

Jika Anda salah satu pecinta dessert, tentunya Anda juga tahu sajian mochi es krim. Kulit lembut mochi menyelimuti es krim varian rasa. Intinya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati mochi agar menjadi lebih lezat. Selain cita rasa manis, mochi juga dapat ‘disulap’ menjadi gurih.

Berikut ini adalah lima cara unik menikmati mochi yang patut Anda coba di rumah.

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

1. Pan-fry.

Potong mochi menjadi potongan kecil dengan bentuk persegi empat lalu goreng hingga bagian luarnya terlihat pecah dan matang. Mochi crunchy ini dapat Anda nikmati sup krim sebagai penggant croutons .

2. Waffle.

Untuk membuat waffle, Anda harus memotong mochi dengan bentuk memanjang seperti korek. Tapi ukurannya jangan terlalu kecil dan tipis. Selanjutnya, mochi Anda masukkan dalam cetakan waffle diamkan hingga mengembang dan renyah. Tambahkan sirup maple dan whipped cream di atasnya.

3.Deep-fry.

Mochi ini cocok untuk cemilan saat nonton TV. Mochi yang telah digoreng kering dan bewarna keemasan, di-mix bersama  garam, wijen, dan irisan nori. Semakin nikmat jika dinikmati panas.

4.Toast.


Memasak mochi dalam toaster atau oven, juga bisa menjadi pilihan. Mochi yang telah dipanggang, dimasukkan dalam bungkusan nori hingga terselimuti. Cocol dalam celupan kecap manis menjadikan rasanya semakin nikmat dan lezat.

5.Bungkus menggunakan daging asap.

   
Daging asap dan mochi, keduanya sama-sama enak. Rendam mochi dalam air untuk melunakkan teksturnya, bungkus dalam daging asap hingga semua bagian tertutup. Panggang sembentar dan sajikan, kalau yang ini cocolan saus pasangannya.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia
bendera LGBTQ

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban

Dominica's High Court has lifted a ban on consensual same-sex relations in the Caribbean island nation.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024