5 Tips Aman Memilih Kaca Mata Hitam

kaca mata hitam
Sumber :

VIVAlife - Jangan ragu menginvestasikan uang untuk membeli kaca mata hitam. Itu sama saja berinvestasi untuk kesehatan. Pasalnya, kaca mata hitam punya fungsi yang lebih dari sekadar gaya: melindungi mata dari bahaya sinar UV.

Namun, Anda tak bisa begitu saja memilih kaca mata hitam yang terlihat paling trendi. Ada bentuk dan simbol-simbol tertentu yang harus diperhatikan.

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Berikut lima hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kaca mata hitam, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Simbol UV

Pastikan sekali lagi, ada simbol UV di kaca mata hitam yang Anda pilih. Biasanya itu berbentuk stiker dengan huruf UV yang dikelilingi gambar sinar matahari. Ada tulisan “100 percent absorption” atau “UV 400”.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Istilah yang ditulis terakhir berarti kaca mata hitam itu bisa memblok gelombang yang lebih pendek dari 400 nm, termasuk sinar UVA dan UVB. Jika tulisannya tidak mendetail, misalnya hanya “absorbs UV”, sebaiknya Anda letakkan lagi kaca mata hitam itu pada tempatnya.

Jangan Pedulikan Warna

Tak perlu memilih kaca mata yang warnanya paling hitam. Semakin gelap kaca, belum tentu semakin ampuh proteksinya. Warna lain seperti biru, hijau, atau bahkan pink sebenarnya punya fungsi yang sama. Warna-warni itu dibuat hanya untuk selera fesyen yang berbeda.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Anda juga bisa menyesuaikan warna dengan lingkungan. Misalnya, kaca mata berwarna hijau lebih cocok dipakai saat pagi atau senja.

Bingkai Besar

Berterimakasihlah pada desainer yang membuat kaca mata berbingkai besar begitu tren saat ini. Pasalnya, semakin besar bingkai kaca berarti semakin banyak pula area yang dilindungi. Bingkai besar itu juga berfungsi memblok sinar yang datang dari samping.

Ternyata, kaca mata berbingkai besar juga membuat mata Anda tak lebih mudah kering.

Kualitas Bahan

Ada harga, ada barang. Harga kaca mata hitam ditentukan pula oleh kualitas bahannya. Kaca mata hitam yang bagus terbuat dari kaca optik dengan sedikit distorsi pada bentuknya. Sedangkan kaca mata yang harganya lebih murah, biasanya terbuat dari plastik.

Bagaimana membedakannya? Inilah pentingnya mencoba kaca mata hitam sebelum membeli. Saat mencoba dan melirik ke kanan dan kiri, Anda seharusnya melihat ada distorsi dalam bentuknya. Jika tidak, artinya, kaca mata itu terbuat dari plastik.

Polarisasi

Sebenarnya, Anda tak terlalu memerlukan kaca mata hitam dengan polarisasi. Itu tak ada kaitannya dengan manfaat melindungi mata. Kaca mata yang terpolarisasi diciptakan hanya untuk menghilangkan silau saat mengemudi atau di dalam air. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya